PDIP Optimistis Menang di 13 Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Kamis, 10 Desember 2020 - 06:35 WIB
loading...
PDIP Optimistis Menang di 13 Kabupaten/Kota di Jawa Timur
ilustrasi
A A A
SURABAYA - PDIP Jawa Timur (Jatim) optimistis bisa mempertahankan kepemimpinan di kabupaten/kota yang secara tradisional sebagai ‘basis’ Banteng di Pilkada 2020.

Malah, data awal hasil quick count internal maupun eksternal yang masuk, pasangan calon yang diusung PDIP unggul di beberapa kabupaten yang sebelumnya dipimpin kepala daerah bukan dari partai tersebut.

“Data yang dihimpun teman-teman BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDIP Jatim hingga jam 5 sore tadi, paslon kita unggul di 11 kabupaten/kota. Yang lainnya, hasil suaranya masih dihimpun,” ungkap Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, di kantor DPD Jatim Jalan Kendangsari Industri, Surabaya, Rabu (9/12/2020).

(Baca juga: Eri-Armuji untuk Sementara Pecundangi Machfud-Mujiaman, Ini Faktor Pemicunya )

Daerah yang secara tradisional kepemimpinannya dipegang kader PDIP, tambah Kusnadi, hitungan internal maupun quick count lembaga survei, menunjukkan hasil menggembirakan.

Dia mencontohkan Kota Surabaya yang dalam tahapan pilkada 2020 berjalan, PDIP seperti dikepung, dan menghadapi politik uang serta politik pecah belah. Namun pasangan Eri Cahyadi-Armudji tetap teratas di semua quick count lembaga survei. “Ini membuktikan kepahlawanan arek-arek Surabaya dalam memenangkan Eri-Armudji,” sebut Kusnadi.

Ketua DPRD Jatim ini juga menyebut daerah lain yang juga menunjukkan kemenangan bagi pasangan calon yang diusung PDIP. Di antaranya Kediri, Ngawi, Trenggalek, Banyuwangi, Ponorogo, Kabupaten Malang, Sumenep, Gresik, Situbondo, dan Kota Blitar.

(Baca juga: Menang Telak di Pilkada Kota Pasuruan, Gus Ipul: Tunggu Hasil Resmi KPU )

Sementara, di tiga daerah, jago PDIP berhasil merebut kepemimpinan. “Seperti Ponorogo, Gresik dan Situbondo, ini termasuk kabupaten/kota baru yang bakal dipimpin pasangan calon kita. Sebelumnya pasangan calon yang diusung PDIP belum pernah menang di daerah ini,” terang Kusnadi

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno menambahkan, meski hasil awal PDIP masih unggul di 11 kabupaten/kota, pihaknya tetap optimistis mampu memenangkan pilkada di Jatim sesuai target. Yakni menang di 13 kabupaten/kota.

“BSPN Jatim masih meng-collect hasil suara dan prosesnya masih berjalan. Kita optimis bisa memenangkan pilkada minimal di 13 kabupaten/kota,” ujar Untari.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)