PDIP Klaim Menang 5 Daerah di Sulut

Kamis, 10 Desember 2020 - 07:00 WIB
loading...
PDIP Klaim Menang 5 Daerah di Sulut
Ketua Bappilu PDI Perjuangan, Steven Kandouw yang juga Cawagub Sulut, bersama Cagubnya, Olly Dondokambey saat pidato kemenangan, Rabu (9/12/2020). Foto: Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim kemanangan di lima daerah dari tujuh yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (9/12/2020).

Ketujuh daerah tersebut yakni Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). (Baca Juga: Total Suara Masuk 94%, Paslon Olly-Steven Unggul Berdasarkan Hitung Cepat Charta Politika)

Klaim lima daerah tersebut disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan, Steven Kandouw, sementara dua lainnya menunggu hasil. “Yang sudah aman dimenangkan oleh PDIP adalah Kota Tomohon, Kabupaten Minsel, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado, Kabupaten Bolsel. Kita sementara menunggu hasil akhir dua kabupaten/kota lagi, yakni Kota Bitung dan Kabupaten Boltim,” ujar Steven Kandouw, Rabu (9/12/2020).

Namun menurut Steven yang juga Calon Wakil Gubernur Sulut itu, untuk sementara peluang kemenangan PDI Perjuangan di Kota Bitung adalah sangat besar. “Kita berharap juga di Boltim kita bisa menang," pungkas Steven. (Baca Juga: Gibran dan Bobby Menang Pilkada, Pemimpin Muda Hasil Kaderisasi PDIP Bertambah)

Sebagaimana diketahui, di Kota Tomohon PDI Perjuangan menetapkan Caroll Senduk dan Wenny Lumentut sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon. Di Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar, incumbent wakil bupati dipasangkan dengan eksternal partai, Pdt Petra Rembang MTh.

Di Minahasa Utara, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Joune Ganda menjadi Calon Bupati Minahasa Utara berpasangan dengan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Utara Kevin Lotulung. Sedangkan di Bolsel, PDI Perjuangan juga mengusung pasangan incumbent, keduanya merupakan kader partai yakni Iskandar Kamaru dan Deddi Abdul Hamid. (Baca Juga: Jungkalkan Paslon PDIP di Kandang Banteng, Makde Rachmad: Sekarang Kosong-kosong)

Di Pilwako Bitung, Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri berpasangan dengan Hengky Honandar sedangkan di Pilkada Boltim PDIP mengusung Suhendro Boroma dan Rusdi Gumalangit, sementara di Manado, mengusung pasangan calon Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS).
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2286 seconds (0.1#10.140)