Begini Profil Gibran Rakabuming Raka, Pengusaha Muda Calon Wali Kota Solo

Selasa, 08 Desember 2020 - 15:01 WIB
loading...
Begini Profil Gibran Rakabuming Raka, Pengusaha Muda Calon Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka, pengusaha muda sukses maju sebagai Calon Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak, 9 Desember 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berpasangan dengan Teguh Prakosa. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SOLO - Gibran Rakabuming Raka , pengusaha muda sukses maju sebagai Calon Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak , 9 Desember 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Pasangan Gibran-Teguh diusung oleh PDIP, dan sejumlah partai pendukung yakni Perindo, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PSI, PPP, PKB, dan Partai Nasdem.

(Baca juga: Jelang Coblosan, Ribuan Saksi Gibran-Teguh di Pilwalkot Solo Jalani Rapid Test)

Gibran memiliki latar belakang pengusaha kuliner sukses, di antaranya katering yang dinamai Chili Pari. Bisnis katering ini dijalankan Gibran sejak masih bujang.Usaha kuliner lainnya ada beberapa lagi, salah satu yang cukup dikenal publik yakni Markobar, aneka macam martabak yang dijalankan bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

(Baca juga: Gibran Blak-Blakan Bagikan Ilmu Bisnis, Ini Kiat Suksesnya)

Miliki Harta Rp21,1 Miliar
Data yang dilansir elhkpn.kpk.go.id, Gibran memiliki harta kekayaan sekitar Rp21,1 miliar. Gibran tercatat juga memiliki hutang sekitar Rp895 juta.

Harta Gibran terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp13.400.000.000. Tanah dan bangunan tersebut tercatat berada di Kota Solo dan Kabupaten Sragen. Semuanya tercatat atas hasil sendiri.

Kemudian kendaraan senilai Rp682.000.000, yakni Isuzu Panther, Daihatsu Grand Max, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Avanza, Honda Scoopy, Honda CB-125, Royal Enfield, dan Toyota Avanza.

Sedangkan harta bergerak lainnya senilai Rp260.000.000, kas dan setara kas Rp2.154.396.134, dan harta lainnya Rp 5.552.000.000. Sementara, Gibran punya hutang senilai Rp895.586.004.

Sedangkan pasangannya, Teguh Prakosa merupakan politisi PDIP Solo dan menjadi anggota DPRD Kota Solo. Teguh pernah menjabat sebagai ketua DPRD Solo. Data yang dilansir elhkpn.kpk.go.id, harta kekayaan Teguh sekitar Rp1,2 miliar.

Didukung Penuh Istri
Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 2015. Pasangan muda ini memiliki sepasang keturunan yakni, Jan Ethes Srinarendra serta adik perempuannya bermana La Lembah Manah. Selvi Ananda memberikan dukungan penuh kepada suaminya, Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilwalkot Solo.

Meski demikian, Silvi tidak bisa banyak mendampingi karena masih pandemi COVID-19. Saat Gibran keluar untuk kegiatan dalam rangka maju di Pilwalkot Solo, Selvi berada di rumah untuk mendampingi anak anaknya belajar di rumah. Sebab, selama pandemi COVID-19, semua kegiatan anak-anaknya dilakukan di rumah. Sehingga, ada pembagian tugas antara Gibran dan Selvi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)