Mencontoh Manisnya Nanas Subang dari Kesuksesan Ef Rizal Ali

Selasa, 08 Desember 2020 - 08:52 WIB
loading...
Mencontoh Manisnya Nanas Subang dari Kesuksesan Ef Rizal Ali
Ketua Kelompok Tani Mekar Sari Maju Ef Rizal Ali menjadi salah satu petani nanas sukses di Subang. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Kabupaten Subang telah tersohor sebagai sentra budidaya nanas di Indonesia. Nama EF Rizal Ali tidak boleh dilupakan dalam perkembangan budidaya nanas di Subang, Jawa Barat.

Ketua Kelompok Tani Mekar Sari Maju ini bisa dibilang sebagai figur petani nanas tersukses di Kabupaten Subang. Bersama kelompok taninya, Efrizal Ali mampu membudidayakan nanas Subang jenis smooth cayenne di lahan seluas 70 hektare.

Pada medio 2013, bersama petani nanas lainnya di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang , dia membentuk Kelompok Tani Mekar Sari Maju.

“Semula lahannya hanya 10 hektare dengan 20 anggota. Ketika itu kami mulai fokus melakukan budidaya nanas,” kenang EF Rizal.

Memulai bertani nanas sejak tahun 2012 di lahan seluas 6 hektare miliknya, EF Rizal memang tidak kontan menuai sukses.

Berbagai kendala mesti dihadapinya sebagai imbas dari sistem tanam yang kala itu belum memenuhi standar.

Setelah menjadi mitra binaan Pupuk Kujang, Kelompok Tani Mekar Sari Maju memperoleh bimbingan serta pendampingan dari tim agronomi selama proses budidaya nanas. Barulah EF Rizal dan kawan-kawan mengetahui budidaya nanas yang tepat.

Mantan pegawai sebuah perusahaan di Jakarta ini lantas mencontohkan dalam hal pemupukan. Pemupukan dengan hanya pupuk urea yang telah lazim dilakukan, menurut dia tidak tepat. Pupuk urea seharusnya hanya dipergunakan pada masa vegetasi tanam saja.

Dia pun menggunakan pupuk ZPT (zat pengatur tumbuh) sebagai tambahan, supaya tanaman nanas berproduksi optimal.

Jika semua proses diikuti dengan pemupukan yang baik, ternyata mampu menghasilkan nanas dengan bobot hingga 4 kg perbuah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)