Polres Tana Toraja Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Senin, 07 Desember 2020 - 16:52 WIB
loading...
Polres Tana Toraja Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS
Suasana pelepasan secara simbolis distribusi logistik Pilkada 2020 Tana Toraja. Foto: Sindonews/Joni Lembang
A A A
TORAJA - Jajaran Polres Tana Toraja menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan distribusi logistik dan pengamanan pemungutan suara pada Pilkada 2020 di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Senin (7/12/2020).

Apel pergeseran pasukan dalam rangka pelaksanaan pengamanan Pilkada Tana Toraja 2020, dipimpin langsung oleh Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu.



"Seluruh personel polisi yang terlibat dalam pengamanan tempat pemungutan suara mulai hari ini menempati pos pengamanannya masing-masing," ujar AKBP Sarly Sollu

Kapolres menekankan, setiap personel PAM TPS agar mengenali karakteristik wilayah lokasi TPS yang menjadi tanggungjawabnya dengan melakukan peninjauan dan pengecekan secara langsung di TPS paling lambat H-1 pelaksanaan pemungutan suara.

Dirinya menjelaskan, dalam melaksanakan pengamanan, personel Pam TPS harus berkoordinasi dengan instansi terkait. Serta melakukan silaturrahmi dengan tokoh-tokoh formal dan informal di lokasi penugasan.

Selain itu, ia menjelaskan, saat pemungutan suara berlangsung, personel PAM TPS berada di luar lokasi TPS. Personel baru bisa melakukan tindakan kepolisian di dalam TPS setelah adanya permintaan bantuan dari KPPS. Apabila diperlukan tambahan bantuan kekuatan pengamanan terlebih dahulu melaporkan kepada perwira pengendali atau Kapolsek setempat.

Personel pengamanan juga diharapkan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokoler kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan).



"Personel Pam TPS harus datang ke lokasi TPS beberapa jam sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Lakukan pengecekan kesiapan personil pengamanan yang lain. Cek logistik pilkada, dan pastikan dalam keadaan lengkap dan siap pakai," tegas Kapolres.

Untuk personel yang terlibat dalam pengamanan distribusi logistik pilkada, Kapolres meminta agar melakukan pengamanan dan pengawalan logistik pilkada khususnya kotak suara dan surat suara pilkada dari PPK ke TPS, dan begitupun sebaliknya dari TPS ke PPK.

"Jaga kondisi kesehatan pribadi masing masing, jaga keselamatan diri dan logistik Pilkada yang menjadi tanggung jawab di TPS,. Selalu siap siaga dan waspada terhadap ancaman diri sendiri dan masyarakat di lokasi TPS, serta laksanakan kegiatan pengamanan dengan tegas namun tetap humanis," kata Sarly Sollu.

Usai apel, Kapolres Tana Toraja AKBP. Bersama Sekkab Tana Toraja, Semuel Tandibura, secara simbolis melepas logistik Pilkada yang akan menuju ke PPK Bittung, PPK Saluputti, PPK Sangalla dengan dikawal oleh personel Pengamanan TPS, dibawah kendali Perwira Pengendali.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4075 seconds (0.1#10.140)