Penumpang Kapal Mudik Pilkada Over Kapasitas, Syahbandar Tak Berkutik

Senin, 07 Desember 2020 - 12:33 WIB
loading...
Penumpang Kapal Mudik Pilkada Over Kapasitas, Syahbandar Tak Berkutik
Suasana di Pelabuhan Batu, Kendari, saat penumpang akan mudik pilkada 2020.
A A A
KENDARI - Pilkada serentak kurang dua hari lagi. H-2 pilkada di Kabupaten Konawe Kepulauan, ratusan pemudik memadati Pelabuhan Batu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/12/2020).

Ironisnya, meskipun over kapasitas angkutan kapal, petugas Syahbandar tak berkutik melakukan pencegahan. Penumpang yang berada di atas kapal tak mau diturunkan.

Ratusan pemudik tersebut adalah warga yang akan berangkat ke Kabupaten Konawe Kepulauan untuk menyalurkan hak pilihnya, Rabu (9/12/2020) lusa. saking banyaknya pemudik, sampai over kapasitas.

(Baca juga: Ketua KIPP Diteror, Ancaman dan Kepala Kambing Hitam di Teras Rumah )

Warga yang akan berangkat ke Konawe Kepulauan, rata-rata mereka yang bekerja di Kendari dan akan mengikuti pilkada serentak. "Kamu pulang karena menyalurkan hak pilih pilkada," ujar Hikmah, warga Konawe Kepulauan.

Sementara itu, petugas Polsek Pengamanan Pelabuhan Kendari menggelar operasi cipta kondisi dan himbauan bahaya COVID-19. terkait over kapasitas, polisi menyerahkan ke Syahbandar sebagai penanggung jawab pelayaran.

Kapolsek Pengamanan Pelabuhan Kendari AKP Jacub Kamaru mengatakan, terjadinya penumpukan penumpang di Pelabuhan Batu hari ini karena pesta demokrasi di Kabupaten Konawe Kepulauan. "Warga yang bekerja di Kendari berbondong-bondong pulang ke kampung halaman menyalurkan hak pilihnya," terangnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)