Mister Aladin Optimistis Industri Pariwisata Kembali Bergeliat di Era New Normal

Minggu, 06 Desember 2020 - 21:50 WIB
loading...
Mister Aladin Optimistis Industri Pariwisata Kembali Bergeliat di Era New Normal
Mister Aladin Road Trip Protokol CHSE memacu adrenalin dengan ATV melewati medan menantang di Surya Bintang Adventure, Gianyar, Bali, Minggu (6/12/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
GIANYAR - Mister Aladin , salah satu online travel agent optimistis industri pariwisata tanah air kembali bergeliat di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal . COO Mister Aladin, Nitha Sudewo mengatakan, sejak 2 bulan terakhir yakni Oktober dan Nopember 2020 penjualan Mister Aladin mengalami peningkatan. Dari bulan September ke Oktober ada peningkatan sekitar 40%, dan Oktober ke Nopember sekitar 89%.

(Baca juga: Singgah di Lombok, Mister Aladin Road Trip Protokol CHSE Kunjungi Pantai Malaka)

"Insya Allah dengan adanya vaksin di bulan Januari 2021 dan adanya kebijakan baru mengenai penerapan prokes untuk aktifitas sehari-hari, harusnya kunjungan wisatawan akan semakin lebih tinggi lagi," katanya usai bermain ATV di Surya Bintang Adventure, Gianyar, Bali, Minggu (6/12/2020).

(Baca juga: Hari Ketiga, Mister Aladin Road Trip Protokol CHSE Lanjutkan Touring ke Lombok)
Mister Aladin Optimistis Industri Pariwisata Kembali Bergeliat di Era New Normal

Selain adanya peningkatan penjualan, kata Nitha, optimisme itu terlihat dengan semakin siapnya pengelola industri pariwisata dalam menyambut tamu sesuai prosedur pencegahan COVID-19. Penerapan standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) juga sudah mulai direspons positif oleh pengelola wisata.
Mister Aladin Optimistis Industri Pariwisata Kembali Bergeliat di Era New Normal

Hal itu ia ketahui setelah melakukan perjalanan dalam program Mister Aladin Road Trip Protokol CHSE. Bersama 31 riders dari BMI, Mister Aladin touring selama 8 hari 7 malam dengan mengambil rute, Surabaya–Denpasar, Bali–Lombok–Sirkuit MotoGP Mandalika NTB dan kembali ke Denpasar, Bali.

Diakhir perjalanannya, rombongan Mister Aladin Road Trip Protokol CHSE mencoba wahana alam Surya Bintang Adventure, Gianyar, Bali. Menggunakan All Terrain Vehicle (ATV), para riders menguji adrenalin menaklukkan medan perbukitan, tikungan curam hingga jalur sungai. Nitha menjelaskan, bermain ATV itu sesuai dengan anjuran pemerintah tentang standarisasi kesehatan dalam berwisata di era new normal.
Mister Aladin Optimistis Industri Pariwisata Kembali Bergeliat di Era New Normal

"Kami mengajak komitas untuk bermain ATV di alam terbuka. Hal itu sesuai dengan protokol kesehatan dimana disarankan untuk melakukan aktifitas diluar ruangan," tegasnya.

Sementara itu Pengelola Surya Bintang Adventure, I Nyoman Purnayasa, menambahkan bahwa pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Para tamu atau wisatawan yang datang dilakukan pengukuran suhu tubuh, wajib cuci tangan pakai sabun di tempat yang sudah disiapkan dan wajib memakai masker serta menjaga jarak. Bahkan diarea berkumpul dan wahana rutin dilakukan penyemrotan cairan disinfektas baik sebelum operasional, saat jeda dan penutupan.

"Jadi semua kita pastikan aman dari virus," tegas dia. Untuk mengantisipasi tamu atau wisatawan yang suhu tubuhnya tinggi, Surya Bintang Adventure menyiapkan ruang isolasi khusus. Jika selama masa isolasi panas tidak turun maka pengelola merujuk ke Rumah Sakit rekanan.

Purnayasa mengakui, selama masa pandemi industri pariwisata memang berat. Namun setelah mamasuki tatanan baru dan kebijakan-kebijakan dari pemerintah terkait, keadaan mulai kembali pulih. Saat ini para tamu dan wisatawan masih berasal dari dalam negeri. Untuk itu, Purnayasa terus memperkuat promosi untuk pasar lokal.

"Selama masa pandemi operasional kita hentikan sementara, dari awal Maret sampai Agustus. Sekarang mulai kembali pulih. Semoga ini membawa angin segar untuk kita, Bali dan Indonesia pada umumnya," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)