2021, Jawa Barat Siap Laksanakan Vaksin Pneumonia Gratis

Minggu, 06 Desember 2020 - 17:20 WIB
loading...
A A A
"Pelaksanaan imunisasinya aman nggak pakai kerumunan. Kan sejak pandemi, pelaksanaan program rutin fasyankes Jabar termasuk Puskesmas sudah dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua disesuaikan dengan sasaran dan tujuan pelaksanaan program, termasuk imunisasi," paparnya.

Dokter spesialis anak di Kota Depok, dr. Farabi El Fouz, M.Kes.Sp.A, menyambut baik adanya program vaksin pneumonia (PCV) gratis dari pemerintah yang ditargetkan hadir di empat provinsi, termasuk Jawa Barat.

(Baca juga: Jelang Pencoblosan, KPU Karawang Awasi Ketat Pelaksanaan Protokol Kesehatan di TPS)

Namun, dia meminta pemerintah mempergencar sosialisasi karena sampai saat ini sosialisasi baru diketahui lebih banyak oleh kalangan tenaga kesehatan, belum meluas pada masyarakat terutama orang tua yang memiliki balita.

“Banyak orang tua belum paham urgensi dari vaksin PCV, apalagi sekarang tertutup lagi dengan gencarnya pemberitaan akan adanya vaksin COVID-19. Seharusnya para orang tua diberi pemahaman lebih banyak untuk mengetahui apa kebaikan dari vaksin PCV agar tidak terjadi penolakan. Misalnya, jangan divaksin lah malah takut COVID-19,” kata Farabi.

(Baca juga: BMKG Deteksi Siklon Kode 96S, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan)

Farabi meyakinkan vaksin PCV yang gratis diberikan mulai Januari 2021 sangat penting untuk kondisi pandemi saat ini.

“Pentingnya sama dengan COVID-19 karena sama-sama bisa menyebabkan kematian. Jika tidak dilakukan akan berbahaya bagi anak,” tuturnya.
(boy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)