UKM Jabar Unjuk Gigi, di Tengah Pandemi Sukses Tembus Pasar Global

Sabtu, 05 Desember 2020 - 09:34 WIB
loading...
UKM Jabar Unjuk Gigi, di Tengah Pandemi Sukses Tembus Pasar Global
Kepala BPPP Kemendag, Oke Nurwan memaparkan kinerja ekspor di Jabar dalam Pelepasan Ekspor ke Pasar Global di PT Kewalram Indonesia, Kabupaten Sumedang. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, terus mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) tetap bertahan dan sukses di tengah pandemi COVID-19 melalui peningkatan kualitas dan kuantitas, agar mampu menembus pasar global .

(Baca juga: Miris, Ratusan Panti Asuhan di Surabaya Terlantar, Kemana Bantuan untuk Mereka? )

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar, Moh. Arifin Soedjayana mengatakan, seiring kondisi pasar global yang mulai menunjukkan tren positif, peluang UKM menembus pasar global semakin terbuka.

Terbukti, tujuh UKM di Jabar sukses menembus pasar global lewat ekspor berbagai produk yang dihasilkannya. Hal itu, kata Arifin, juga menunjukkan bahwa para pelaku UKM di Jabar tetap tangguh di tengah badai ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Ketujuh UKM di Jabar yang sukses menembus pasar global tersebut, yakni CV Nagam Rattan, CV Cipta Abadi, CV Mandiri Sejahtera, CV Mekar Asih Rotan, PT Brata Adi Laksana, PT Mipacko Farrela, dan Eno Furniture Introduce.

(Baca juga: Bobby-Aulia Bertarung di Pilwakot Medan, Kahiyang Ayu dan Shaula Bermunajat )

Ketujuh UKM tersebut merupakan bagian dari 12 perusahaan di Jabar dan 132 perusahaan skala besar, menengah, dan kecil dari 16 provinsi di Indonesia yang melepas produknya ke pasar global . Pelepasan Ekspor ke pasar global 133 perusahaan tersebut dipimpin langsung Presiden Republik Joko Widodo.



Jokowi memimpin kegiatan yang terpusat di Lamongan, Jawa Timur itu secara virtual dari Istana Bogor. Kegiatan serupa juga serentak digelar di Boyolali, Jawa Tengah; Sunter, DKI Jakarta; Sumedang, Jawa Barat, dan sejumlah kota lain yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia.

"Alhamdulillah, 12 perusahaan di Jabar mampu menembus pasar ekspor di tengah pandemi ini. Yang lebih membanggakan, 7 di antaranya adalah UKM," ujar Arifin seusai Pelepasan Ekspor ke Pasar Global yang digelar di PT Kewalram Indonesia, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jabar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0750 seconds (0.1#10.140)