Pemerintah Aceh Paparkan Strategi Penanganan Covid-19 kepada Kemenko Polhukam

Rabu, 02 Desember 2020 - 07:55 WIB
loading...
Pemerintah Aceh Paparkan Strategi Penanganan Covid-19 kepada Kemenko Polhukam
Pemerintah Aceh memaparkan berbagai strategi penanganan Covid-19 yang telah dan sedang dilakukan di seluruh penjuru Aceh kepada rombongan tim Kemenko Polhukam RI, Selasa (1/12/2020).
A A A
BANDA ACEH - Pemerintah Aceh memaparkan berbagai strategi penanganan Covid-19 yang telah dan sedang dilakukan di seluruh penjuru Aceh kepada rombongan tim Kemenko Polhukam RI, Selasa (1/12/2020).

Presentasi dari Pemerintah Aceh disampaikan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Potensi Daerah, Setda Aceh.

Kunjungan tim Kemenko Polhukam ke Aceh dilakukan dalam rangka melaksanakan kegiatan pemantauan, inventarisasi data dan permasalahan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang terdampak Covid-19 di daerah.

Tim dipimpin Marsda TNI Rus Nurhadi Sutedjo, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, lnformasi – Kemenko Polhukam RI, yang hadir bersama Asisten Deputi Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Y. Syaiful Garyadi, Asisten Deputi Koordinasi Peningkatan Pelayanan Publik, Agung Prathisto, Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Barang dan Jasa, Kolonel (Sus) Dwi Budi Haryanto, serta beberapa anggota tim lainnya.

Taqwallah dalam penjelasannya mengapresiasi kehadiran tim Kemenko Polhukam guna melihat langsung berbagai terobosan dan inisiasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh dan Tim Satgas dalam penanganan Pandemi COVID 19.

Taqwallah menyebutkan, sejauh ini beberapa kegiatan berskala besar telah dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh dalam upaya penanggulangan Covid-19. Kegiatan tersebut antara lain, Gerakan Aceh Mandiri Pangan atau GAMPANG untuk mengantisipasi krisis pangan sebagai dampak COVID-19.

"Lalu ada Gerakan Gebrak Masker Aceh atau GEMA yang tujuannya untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi masyarakat dari ancaman COVID-19," ujar Taqwallah yang didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan, M Jafar.

Berikutnya, lanjut Taqwallah, Pemerintah Aceh juga meluncurkan Gerakan Nakes Cegah COVID-19 atau GENCAR yang fokus untuk mendukung sistem kerja tenaga Kesehatan dalam pemulihan dan penanganan pasien COVID serta senantiasa mengedukasi masyarakat untuk selalu melaksanakan 4 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan).

"Terakhir, pada hari Minggu, 29 November yang lalu, kami baru saja melepas tim Pemerintah Aceh untuk melaksanakan program Gerakan Masker Sekolah atau GEMAS di 23 Kabupaten/kota se-Aceh," ujar Taqwallah.

Taqwallah menjelaskan, kegiatan GEMAS diluncurkan sebagai pembelajaran tentang pencegahan COVID-19 melalui wali kelas, dan praktek penggunaan masker kepada murid oleh wali kelas. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para guru dan peserta didik aman dalam menjalankan dan mengikuti proses belajar mengajar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)