Hasil Survei Bersaing Ketat, Jarot-Mokhlis Berpeluang Unggul di Pilkada Sumbawa

Sabtu, 28 November 2020 - 22:30 WIB
loading...
Hasil Survei Bersaing Ketat, Jarot-Mokhlis Berpeluang Unggul di Pilkada Sumbawa
Hasil survei elektabilitas kandidat Pilkada Kabupaten Sumbawa yang dilakukan Pusat Polling Indonesia (Puspoll Indonesia) menunjukkan adanya persaingan ketat. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei elektabilitas kandidat Pilkada Kabupaten Sumbawa yang dilakukan Pusat Polling Indonesia (Puspoll Indonesia) menunjukkan adanya persaingan ketat. Elektabilitas pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Sumbawa nomor 05 Syarafudddin Jarot-Mokhlis (Jarot-Mokhlis) menempel ketat pasangan Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Moh-Novi).

Jarot-Mokhlis memperoleh 21,4%, sedangkan Moh-Novi mendapat 24,3%. Dari hasil survei menunjukkan paslon 05, berpeluang besar mengejar ketertinggalan dan bahkan bisa mengungguli elektabilitas Moh-Novi.

(Baca juga:(Baca juga: Sumbawa Pantas Jadi Sentra Pakan Ternak Nasional)

Hasil itu berdasarkan hasil survei Pilkada Kabupaten Sumbawa 2020 yang dikeluarkan Pusat Polling Indonesia (Puspoll Indonesia). Survei ini juga menguji respons masyarakat terhadap debat publik pertama paslon yang dilakukan oleh KPU Sumbawa.

(Baca juga: Disiksa Keji oleh Majikan di Malaysia, TKI asal Cirebon Dibiarkan Tidur di Teras)

"Mayoritas publik yang menyaksikan langsung debat dan menonton tayangan video debat, mengatakan pasangan Jarot-Mokhlis lebih unggul dibandingkan dengan pasangan lain," kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

Dengan sisa waktu kurang dari 1 bulan menjelang pencoblosan, Muslimim memprediksi pertarungan tinggal menyisakan 2 paslon saja, yakni Moh-Novi dan Jarot Mokhlis yang akan bersaing ketat. "Dari sisi trend, elektabilitas paslon nomor 05 terus mengalami kenaikan," katanya.

Survei digelar dengan melibatkan 1.200 responden pada 13-19 November 2020 dengan metode wawancara tatap muka, serta simulasi pencoblosan kertas suara. Survei menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan margin of errorkurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)