Sunaryanta Ajak Warga Jaga Toleransi dan Saling Menghormarti

Sabtu, 28 November 2020 - 02:14 WIB
loading...
Sunaryanta Ajak Warga Jaga Toleransi dan Saling Menghormarti
Cabup Gunungkidul Sunaryanta saat menerima Perwakilan Umat Hindu di kediamannya, Jumat (27/11/2020). Foto: SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Calon Bupati (Cabup) Gunungkidul nomor urut 4, Sunaryanta makin gencar bersosialisasi. Kini dia mulai merangkul pemuka lintas gama di daerah itu. Langkah ini dilakukan agar umat yang berbeda-beda agama di kabupaten terluas di DIY ini bisa menjaga toleransi.

“Jangan sampai di Gunungkidul terjadi kasus Intoleransi. Semua agama baik, jadi mari kita jaga keberagaman dan kebhinekaaan ini dengan saling menghormati," ucap Sunaryanta saat menerima komunitas umat Hindu Gunungkidul, Jumat (27/11/2020) malam. (Baca Juga: Calon Bupati Ini Jalan Kaki Sejauh 6 Km Temui Warga dari Rumah ke Rumah)

Dijelaskan, pihaknya meminta pemuka umat untuk terus mengumandangkan toleransi. Tidak perlu ada upaya menjelek- jelekkan agama lain, karena semua menjadi bagian dari anak bangsa dan semua hidup dan tumbuh secara rukun di bumi Indonesia.

Hal ini juga disampaikan saat Sunaryanta bertemu dengan perwakilan Paroki se- Gunungkidul, dan juga beberapa ormas Islam seperti Jamaah Tabligh serta MTA beberapa waktu lalu. (Baca Juga: Ratusan Brimob dan Marinir Pukul Mundur Massa Bintang Kejora di Sorong)

“Silaturahmi dan komunikasi antarumat beragama penting dilakukan. Jika ini terjadi dengan baik, saya yakin tidak ada kasus intoleran terjadi di Gunungkidul. Kuncinya komunikasi dan fasilitasi," beber dia. (Baca Juga: Logistik Pilkada Sleman Siap Disitribukan ke TPS H-1 Pemungutan Suara)

Cabup yang didukung Perindo ini melanjutkan, sikap pemerintah yang berani memfasilitasi komunikasi tersebut menjadi kunci menjaga toleransi antarumat agama. “Pemkab harus turun tangan dan membangun komunikasi dengan semua pemuka agama, karena saya yakin Kasu intoleran yang pernsh muncul karena kurangnya komunikasi. Ini yang harus dibangun, " pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)