Curhat Guru Honor ke Bobby Nasution Mantu Jokowi, Gaji Rp 300 Ribu Tetap Bertahan Mengajar

Kamis, 26 November 2020 - 13:21 WIB
loading...
Curhat Guru Honor ke Bobby Nasution Mantu Jokowi, Gaji Rp 300 Ribu Tetap Bertahan Mengajar
Sejumlah warga tampak berfoto bersama dengan Bobby Nasution mantu Presiden Jokowi. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Dalam situasi ekonomi indonesia yang tidak baik saat ini, sejumlah guru honor dengan gaji Rp300 ribu masih tetap bertahan di Kota Medan.

Meski kondisi harga kebutuhan pokok hampir tiap tahun semakin naik, mereka tetap bertahan mengabdikan diri sebagai guru honor dengan pendapatan yang cukup minim tersebut.

Momen hari guru Rabu 25 November 2020, calon Wali Kota Medan nomor urut 2, Bobby Afif Nasution mendapati kisah pelik dari guru honorer di Kota Medan.

Meski sudah 15 tahun mengabdi sebagai guru honor, dengan gaji Rp300 ribu perbulan, dia tetap bertahan dengan harapan diangkat sebagai pegawai negeri.

Juli Hica Boru Nababan, guru honorer di SD Negeri 060887 Jalan Darussalam Medan Sunggal, satu dari sekian banyak guru honor di Kota Medan yang mengalaminya.

"Kalau lah boleh mengeluh, rasanya sakit sekali dengan gaji segitu, tapi kami harus terus mengabdi. Begitupun, saya tetap bertahan karena rasa sayang terhadap anak-anak didik, dan juga berharap ada pengangkatan," katanya yang sudah 15 tahun jadi guru honor, dihadapan Bobby.

Dia mengadukan nasib, saat mantu Presiden Jokowi itu menyerap aspirasi warga di Jalan Bunga Sedap Malam 10, Medan Selayang, Rabu 25 November 2020.

Di kesempatan itu, Bobby didampingi pengurus Bara JP (Barisan Relawan Jalan Perubahan) Medan. Usai berkeluh kesah, Bobby bersama guru honor dan warga sekitar mendengarkan himne guru.

Menyikapi keluhan guru honor, Bobby mengaku sudah melakukan kajian bersama pendampingnya Aulia Rachman. (Baca juga: Kasus Pembunuhan Seorang Pelajar, 33 Adegan Diperagakan Pelaku saat Rekonstruksi)

"Saya dan bang Aulia sudah melakukan kajian. Dan dari juknisnya, 50 persen dana bos bisa dipergunakan untuk insentif guru," ujarnya. (Baca juga: Cerita Bobby Nasution Mantu Jokowi, dapat Dukungan PAN Gara-gara Irvan Herman)

Bobby kembali menegaskan, anggaran Kota Medan dalam setahun mencapai Rp6 triliun dan anggaran tersebut gaji guru bisa ditambah.

"Kenapa itu bisa terjadi, karena serapan anggaran yang rendah disebabkan kurangnya inovasi daerah. Dan dari anggaran ini, gaji guru bisa ditambah. Bahkan, dari anggaran ini juga bisa dialokasikan untuk pendidikan lebih lanjut bagi guru," terangnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)