CMBR Lembung Paseser Bangkalan Punya Jembatan Baru

Kamis, 26 November 2020 - 08:39 WIB
loading...
CMBR Lembung Paseser Bangkalan Punya Jembatan Baru
Pertamina EP Asset 4 Poleng Field meresmikan jembatan kawasan konservasi mangrove di Lembung Paseser, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Madura
A A A
BANGKALAN - Pertamina EP Asset 4 Poleng Field meresmikan jembatan kawasan konservasi mangrove di lokasi Coastal & Marine Biodiversity Reserve (CMBR) Lembung Paseser, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Rabu (25/11/2020).

Jembatan sepanjang 350 meter ini dibangun untuk memudahkan aktivitas pemantauan, rehabilitasi mangrove dan hutan pantai yang sudah dikembangkan sejak tahun 2017.

“Pandemi COVID-19 tidak menghentikan kewajiban perusahaan untuk tetap tumbuh bersama masyarakat, khususnya dalam bidang lingkungan,” ujar Poleng Field Manager, Jemy Oktavianto.(Baca juga: Kemenag Pasok Naskah Khutbah Jumat, DMI Blitar Sebut Khatib Independen )

Mengusung konsep konservasi, riset, penelitian dan pemberdayaan masyarakat, CMBR Lembung Paseser ini diharapkan menjadi sentra penelitian dan edukasi. Jemy berharap dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang sudah teridentifikasi dapat menjadi lokasi riset dan pendidikan bagi masyarakat.

“Sebanyak 34 spesies mangrove dan 68 spesies burung telah teridentifikasi dan terpantau di wilayah ini. Selain untuk menambah pengetahuan, lokasi ini dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata baru,” harapnya.(Baca juga: Terima DIPA dan TKDD 2021, Jatim Tancap Gas Percepat Penggunaan Anggaran )

Proses identifikasi satwa dan fauna tersebut dibukukan dalam buku saku berjudul Avifauna Lembung Paseser. Ini merupakan buku kedua yang diterbitkan oleh perusahaan sebagai bagian menambah kepustakaan tentang keanekaragaman hayati.

“Pada buku ini dijelaskan peran burung, upaya konservasi burung maupun daftar spesies burung yang ada di Lembung Paseser,” imbuh Jemy.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bangkalan, Anang Yulianto meminta agar Pertamina EP Asset 4 Poleng Field tetap konsisten melaksanakan program serupa.

“Program yang sudah digagas oleh perusahaan tentu harus kita dukung. Kita berharap program seperti bersih-bersih sampah di pantai juga bisa dilakukan dengan mengajak masyarakat dan siswa-siswi sekolah untuk ikut berpartisipasi," katanya.

Diketahui, pada 2017, Pertamina EP Asset 4 Poleng Field melakukan penanaman 76.536 bibit serta penanaman hutan pantai seluas 4 hektar di kawasan mangrove CMBR. Area konservasi ini juga menjadi sentra pembibitan mangrove sebanyak 29.000 bibit dan pembibitan cemara laut sebanyak 5.000 bibit.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)