Jelang Libur Akhir Tahun, Disparbud Gelar Swab Tes 462 Pekerja Sektor Wisata

loading...
Jelang Libur Akhir Tahun, Disparbud Gelar Swab Tes 462 Pekerja Sektor Wisata
Petugas medis sedang melakukan swab tes ke pekerja wisata di kawasan Lembang, KBB, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 saat libur akhir tahun. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
BANDUNG BARAT - Pelaku dan pekerja wisata dari sejumlah tempat wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) , menjalani pemeriksaan swab test massal di Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC), Lembang, Rabu (25/11/2020).

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dan persiapan menjelang libur akhir tahun. Para peserta swab berasal dari lima tempat wisata, yakni Hotel Putri Gunung, The Lodge Maribaya Group, Dago Dreampark, Gedung Putih, dan Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang.

"Pelaksanaan swab test ini sebagai persiapan menjelang libur dan cuti bersama akhir tahun nanti. Kami ingin memastikan para pelaku dan pekerja wisata sehat, sehingga membuat pengunjung nyaman," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, Sri Dustirawati, di sela kegiatan yang digelar di TWGC Lembang.

Sri menjelaskan, pelaksanaan swab test ini akan dilakukan selama dua hari di TWGC Lembang dan Kampung Daun.



Untuk pelaksanaan di TWGC Lembang total ada 261 pekerja yang terdaftar untuk menjalani swab test, sementara di Kampung Daun ada 201 pekerja yang dijadwalkan ikut. Mereka mengikuti kegiatan dengan menjaga protokol kesehatan ketat.

Pada saat momen libur panjang Maulid Nabi Muhammad sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan rapid test di tempat-tempat wisata yang menyasar pengunjung.

Kali ini ditingkatkan menjadi swab test supaya hasilnya lebih akurat dan menyasar ke para pekerja atau karyawan tempat usaha. (Baca juga: Bupati Majalengka Karna Sobahi Bersama 9 Kepala Daerah Dukung Soal TPB)



"Swab test hasilnya lebih akurat, apakah nanti akan dilakukan ke pengunjung saat libur akhir tahun, akan dibicarakan dulu dengan Satgas COVID-19," ucap Sri yang didampingi Kabid Pariwisata David Oot. (Baca juga: Menteri Edhy Ditangkap KPK, Ketua Gerindra Jabar Taufik Hidayat: Track Recordnya Selama Ini Baik)

Salah seorang pekerja TWGC Lembang yang diswab tes, Silva Dewi (23) mengaku mendukung pelaksanaan swab test ke pekerja sektor wisata. Hal tersebut demi keamanan bersama, apalagi sebentar lagi menyongsong libur akhir tahun.

"Gagasan yang bagus dari Disparbud, Dinkes dan pengelola wisata. Semoga semuanya negatif, sehingga libur akhir tahun nanti semua siap menerima wisatawan dengan aman," ucapnya.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top