Wakil Menteri Agama Puji Kerukunan di Sulawesi Utara

loading...
Wakil Menteri Agama Puji Kerukunan di Sulawesi Utara
KH. Zainut Tauhid Saadi saat memberikan pembinaan sekaligus penguatan kepada jajaran ASN Kanwil Kemenag Sulut serta para tokoh agama Sulut, Minggu (22/11/2020).Foto/Ist
MANADO - Wakil Menteri Agama KH. Zainut Tauhid Sa'adi memuji kerukunan yang berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut).

Ia mengungkapkan, pengalamannya ketika beberapa kali mengunjungi Sulut sewaktu masih menjadi anggota DPR RI.

Baginya, masyarakat Sulut adalah masyarakat yang menyenangkan, bertoleransi tinggi, saling menghormati dan suka tolong-menolong meski berbeda etnis, golongan dan agama.

"Masyarakat Sulut adalah masyarakat yang menyenangkan dan saling menghormati serta suka saling menolong walaupun berbeda etnis dan agama. Karena itu saya minta mari tetap jaga Sulut sebagai laboratorium kerukunan di Indonesia," katanya saat memberikan pembinaan sekaligus penguatan kepada jajaran ASN Kanwil Kemenag Sulut serta para tokoh agama Sulawesi Utara tentang Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama di Hotel Aryaduta Manado, Minggu (22/11/2020).



Ia mengingatkan tentang pentingnya menjaga persaudaraan di antara sesama anak bangsa di Sulut dengan memupuk persaudaraan internal umat beragama, antarumat beragama dan persaudaraan kebangsaan dan kemanusiaan.

"Para pendiri bangsa kita sudah mengorbankan segala-galanya demi Indonesia merdeka dan bersepakat bahwa negara kita berdasarkan Pancasila sebagai pengikat dan perekat kita sebagai sesama anak bangsa Indonesia. Karena itu mari perkuat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniah dan ukhuwah basyariah," jelas putera kelahiran Jepara itu.

Wamenag juga mengingatkan tentang bahaya dua ekstrem dalam penghayatan ajaran agama yaitu ekstrem kanan berupa fundamentalisme atau ekstrimisme dan ekstrem kiri berupa liberalisme.



"Mari kita beragama dengan mengambil jalan tengah; tidak berada di ekstrem kiri atau ekstrem kanan tetapi mengambil wasatiyah. Itulah jalan moderat seturut semangat moderasi beragama sesuai visi dan misi Kementerian Agama agar bangsa kita rukun, cerdas, maju dan sejahtera,"ajaknya. (Baca juga: Bisnis Kripik Kelapa Online, UMKM Dapur Aisyah Raup Untung di Tengah Pandemi)

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar sebelumnya mengungkapkan bahwa kunjungan kerja sekaligus silaturahim dari Wakil Menteri Agama merupakan suatu kehormatan bagi Sulawesi Utara. (Baca juga: Kapolres Cek Logistik Pemilu di Gudang KPU Kotamobagu)

"Saya selaku Kakanwil bersama seluruh kerabat kerja dan masyarakat Sulawesi Utara berterima kasih dan sungguh mengapresiasi kehadiran Bapak Wakil Menteri Agama di tengah-tengah kami. Kehadiran Pak Wamenag merupakan motivasi bagi kami untuk terus berjuang dan bersinergi bersama semua pihak di Sulut untuk mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama, khususnya meningkatkan kesalehan umat beragama serta moderasi dan kerukunan antar umat beragama di Sulawesi Utara," ungkap Anwar Abubakar.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top