Cara Lies F Nurdin Bangkitkan UMKM dengan Manfaatkan Platform Digital

Jum'at, 20 November 2020 - 17:40 WIB
loading...
Cara Lies F Nurdin Bangkitkan UMKM dengan Manfaatkan Platform Digital
Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada webinar pembukaan karya kreatif Indonesia 2020 sesi tiga dari Istana Negara, Jumat (20/11/2020). Foto: Humas pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - " Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan kekuatan baru ekonomi Indonesia di masa digital," demikian disampaikan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada webinar pembukaan karya kreatif Indonesia 2020 sesi tiga dari Istana Negara, Jumat (20/11/2020).

Pemanfaatan platform digital untuk membantu UMKM memasarkan produk juga telah digagas Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan (Sulsel) , Lies F Nurdin. Sebelum pandemi melanda hampir seluruh negara di dunia, Lies telah menginisiasi gerakan 1.000 perempuan berdaya bersama Gojek . Melalui gerakan ini, Lies membantu pelaku UMKM memperoleh bimbingan memulai usaha di market digital.



"Hingga saat ini kita sudah berhasil memberi pelatihan kepada lebih dari 400 UMKM . Karena terhalang situasi pandemi kita belum mencapai target 1.000 UMKM, namun proses ini akan terus kami lanjutkan," ujar Lies F Nurdin usai mengikuti webinar.

Implementasi kerja sama ini dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Dekranasda Sulsel dan Gojek Indonesia memberikan pelatihan digital marketing, go-boz dan food fotography yang diyakini akan bermanfaat bagi UMKM .

"Terlebih di masa pandemi, UMKM adalah sektor yang justru bisa kuat jika dikembangkan dengan memanfaatkan platform digital ," jelas Lies.

Apalagi, lanjut Lies, pemanfaatan teknologi digital sangat menjanjikan karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat besar dan sudah terbiasa dengan teknologi, sehingga mudah beradaptasi.

Menguatkan pernyataan ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, selama pandemi COVID-19 membelenggu Indonesia, minat masyarakat dalam berbelanja secara online meningkat.



Berdasarkan data yang dihimpun BPS , rata-rata peningkatan produk yang terjual di marketplace dalam kurun waktu April 2020-Juni 2020 (masa pandemi) mencatat rata-rata peningkatan 20% dari bulan-bulan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)