Basis Massa PAN Terancam Tergerus Jika Amien Rais Bentuk Partai Baru

Senin, 11 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
Basis Massa PAN Terancam Tergerus Jika Amien Rais Bentuk Partai Baru
Basis massa PAN diprediksi akan terbelah jika Amien Rais membentuk partai baru. FOTO /Ilustrasi : DOk Okezone.com
A A A
JAKARTA - Wacana pembentukan partai baru yang disebut-sebut akan didirikan Amien diprediksi akan membelahPartai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan atau Zulhas. Kubu Amien Rais dianggap masih cukup banyak di PAN.

"Walaupun elite PAN dan Anggota DPR pasti ada dalam barisan Zulhas karena tak mau kehilangan jabatan," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin saat dihubungi SINDOnews, Senin (11/5/2020).

Menurut Ujang, sejak awal Amien Rais sangat yakin bahwa jika Kongres PAN di Kendari yang lalu berjalan fair maka Mulfachri Harahap yang didukungnya akan menang. Namun, karena Kongres tak berjalan dengan fair tersebut maka imbasnya PAN menjadi pecah.

Dia menilai meski pun kubu Amien kalah namun pendukungnya masih banyak di PAN dan suara Mulfachri juga masih banyak. "Yang menjadi kekuatan Amien Rais itu pendiri PAN dan juga mantan Ketum Muhammadiyah," katanya.

Dengan begitu, lanjut Ujang, jika Amien mau bergerilya mengambil basis massa Muhammadiyah itu untuk partai barunya maka bisa menjadi ancaman bagi PAN kubu Zulhas.

"Dulu ada partai sempalan PAN. Partai Matahari Bangsa (PMB). PMB tak bisa bersaing dengan PAN, karena Amien Rais masih di PAN dan tak mampu mengambil massa Muhammadiyah," jelasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)