Sempat Terjebak di Raja Ampat, Dua Wisatawan Ini Akhirnya Pulang

Minggu, 10 Mei 2020 - 23:15 WIB
loading...
Sempat Terjebak di Raja Ampat, Dua Wisatawan Ini Akhirnya Pulang
Dua wisatawan mancanegara asal Amerika dan Columbia yang terjebak di salah satu pulau di Raja Ampat, Papua Barat akibat Pandemi Corona berhasil dibawa ke Kota Sorong. iNews TV/Chanry
A A A
SORONG - Dua wisatawan mancanegara asal Amerika dan Columbia yang terjebak di salah satu pulau di Raja Ampat, Papua Barat akibat Pandemi Corona berhasil dibawa ke Kota Sorong.

Keduanya yakni Gustavo Macias JR (30), pria, asal Amerika dengan nomor pasport: 506296291 dan Lina Viviana Albarracin Baquero (29), Wanita, nomor pasport AU754522, asal Colombia.

Kedu turis tersebut masuk ke Raja Ampat dan menginap di salah satu homestay di Desa Arborek, Kabupaten Raja Ampat sejak 28 Februari 2020 lalu.

Mereka dijemput oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Sorong dari Raja Ampat, Minggu (10/5/2020). Selanjutnya kedua wisatawan tersebut akan dipulangkan ke negara asalnya.

Menurut juru bicara Gugus Tugas Rudy R Laku, sebelumnya, pihak pemerintah Kota Sorong mendapatkan informasi dari dua kedutaan besar di Jakarta. Masing-masing kedutaan besar Amerika dan Columbia yang meminta bantuan kepada pemerintah Kota Sorong, Papua Barat untuk dapat membantu memulangkan dua warga negara mereka yang masih berada di lokasi Wisata di Raja Ampat.

"Keduanya terjebak karena akses transportasi baik kapal laut dan pesawat terbang dihentikan oleh pemerintah sejak wabah Covid-19 terus meningkat di daerah Papua Barat," ujar Rudy.

Setelah tiba di Kota Sorong, kedua wisatawan tersebut kemudian diperiksa kondisi kesehatan mereka. "Dimana dari hasil pemeriksaan kesehatan, keduanya dinyatakan sehat dan telah diberikan surat keterangan kesehatan," sebutnya.

Menurut rencana, Pemerintah Kota Sorong akan segera memulangkan kedua wisatwan tersebut ke negara asal mereka setelah seluruh administrasi keduanya selesai diurus pada pihak imigrasi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)