Survei Voxpol Center, Mahyeldi-Audy Sosok Religius di Pilkada Sumbar

Rabu, 18 November 2020 - 19:11 WIB
loading...
Survei Voxpol Center, Mahyeldi-Audy Sosok Religius di Pilkada Sumbar
Survei Voxpol Center Research and Consulting menunjukkan persepsi masyarakat terhadap paslon di Pilgub Sumbar menunjukkan Mahyeldi-Audy Joinaldy paling religius. Foto/Voxpol Center
A A A
JAKARTA - Sosok religius adalah salah satu modal penting yang harus dimiliki kandidat untuk meraih simpati dan dukungan pemilih di Sumatera Barat . Sebagai daerah yang memegang teguh adat budaya dan nilai keagamaan dengan falsafah "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah" karakter masyarakatnya cenderung menjadikan pemimpin yang religius sebagai salah satu dasar utama pertimbangan dalam menentukan pilihan politiknya.

Direktur Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, hasil survei lembaganya yang dilakukan 2-12 November 2020 menunjukkan persepsi masyarakat Sumatera Barat terhadap kandidat calon Gubernur-Wakil Gubernur di Pilgub Sumbar menempatkan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai sosok pemimpin yang paling religius di antara kandidat lainnya. (Baca juga: Duet Rocky Gerung-Mardani Ali Sera Pompa Semangat Relawan Cagub Sumatera Barat Mahyeldi Audy)

Rinciannya, Mahyeldi-Audy Joinaldy dengan raihan perolehan 37,5%, disusul Mulyadi-Ali mukni 19,5%, Nasrul Abit-Indra Catri 17,8%, Fakhrizal-Genius Umar 4,3%. Sementara responden yang masih merahasiakan jawaban 11,5%, dan tidak tahu tidak menjawab sebesar 9,5%. (Baca juga: Gempa 5,3 SR Guncang Pesisir Selatan hingga Padang)

"Data ini menunjukkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy punya kesempatan mendapatkan dan meraih dukungan yang lebih luas dari masyarakat Sumatera Barat yang terkenal sangat religius. Itu artinya pasangan ini punya kans dan peluang lebih besar memenangkan kontestasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 9 Desember 2020 mendatang," kata Pangi, Rabu (18/11/2020).

Dia menjelaskan, perilaku memilih (voting behavior) dalam pengambilan keputusan untuk memilih atau tidak memilih kandidat calon Kepala Daerah di dalam suatu pemilihan umum (to vote) maka voters akan memutuskan memilih atau mendukung kandidat tertentu.

Pemilih sosiologis, memutuskan karena faktor agama dan tingkat religiusitas sebagai faktor-faktor sosiologis yang dianggap mempengaruhi pilihan pemilih dalam pemilu. Dengan demikian pemilih Sumatera Barat terkenal dari pemilu ke pemilu tingkat religiusitas sangatlah tinggi.

"Hal ini tentu saja akan menguntungkan calon kepala daerah yang tingkat religiusitasnya tinggi seperti tergambar dalam temuan hasil survei," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)