Ada Gerakan di Sesar Ciremai, Kuningan Diguncang Gempa 3,1 SR

Rabu, 18 November 2020 - 05:04 WIB
loading...
Ada Gerakan di Sesar Ciremai, Kuningan Diguncang Gempa 3,1 SR
- Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik sebesar 3,1 skala richter (SR) pada pukul 23:21:36 WIB, Selasa (18/11/2020). SINDOnews/Arif
A A A
BANDUNG - Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik sebesar 3,1 skala richter (SR) pada pukul 23:21:36 WIB, Selasa (18/11/2020).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki episenter terletak pada koordinat 6.9 LS dan 108.47 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Laut Kabupaten Kuningan , Jawa Barat pada kedalaman 6 kilometer.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Ciremai yang ada di sekitar Kuningan, Jawa Barat.
Dampak gempa bumi, kata dia, yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas II MMI.

Di mana Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. (Baca: Sakit Tak Kunjung Sembuh, Petani di Deliserdang Pilih Gantung Diri).

Hingga berita ini dibuat, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas dia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)