BNNP Ungkap Narkotika di Bali Kebanyakan dari Riau

Senin, 16 November 2020 - 23:33 WIB
loading...
BNNP Ungkap Narkotika di Bali Kebanyakan dari Riau
Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali mengungkap peredaran narkotika di wilayah Pulau Dewata kebanyakan dari Kepulauan Riau yang dikirim lewat paket ekspedisi. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews
A A A
DENPASAR - Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali mengungkap bahwa peredaran narkotika di wilayah Pulau Dewata kebanyakan dari Kepulauan Riau .

"Untuk daerah pengirim narkotika paling banyak ditemukan berasal dari Riau, Medan, Aceh, kemudian Surabaya, dan Malang," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali, Brigadir Jenderal Polisi I Putu Gede Suastawa di Denpasar, Senin (17/11/2020). (Baca juga: 2,3 Kg Sabu, 47 Pengedar dan 8 Pemakai Narkoba Dibekuk, Ini Kasusnya)

Suastawa menambahkan, pengiriman paket narkotika lebih banyak menggunakan jalur ekspedisi berbentuk paket dan diedarkan ke seluruh Bali. Peredaran narkotika paling banyak ada di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Buleleng, Gianyar, Klungkung, Tabanan, Negara, Karangasem, dan Bangli. (Baca juga: Irjen Golose Digeser ke Mabes, Polda Bali Kembali Dipimpin Putra Daerah)

Sedangkan barang bukti narkotika yang paling banyak ditemukan yaitu sabu-sabu, ganja, tembakau gorila, dan ekstasi. Saat ini narkotika jenis ekstasi menjadi paling banyak juga disita karena biasanya peredarannya menyasar tempat hiburan malam.

"Ekstasi sifatnya rekreasional dan menjadi kebutuhan bagi penggunanya di klub malam. Namun, dalam penangkapan tidak ada ditemukan tersangka yang WNA, semuanya WNI," bebernya.

Menurut Suastawa, pengungkapan kasus narkoba di Bali meningkat 8%. Dilihat dari jumlah kasus, pada tahun sebelumnya tercatat ada 517 kasus. Sedangkan pada 2020 ada 618 kasus. Data itu terhitung sejak Januari sampai November 2020.

"Dampak pandemi ini sangat besar pengaruhnya karena para pengguna (narkotika) banyak di-PHK dan kegiatannya banyak di rumah, jadi tagihannya semakin tinggi. Namun, karena tidak ada kegiatan, tak sedikit yang memanfaatkan sedikit uangnya misalnya untuk beli barang-barang itu (narkoba) sebenarnya sekarang pengawasan semakin ketat," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)