DPRD Kendal Siap Kawal Relokasi Sementara Pedagang Pasar Weleri

Senin, 16 November 2020 - 20:37 WIB
loading...
DPRD Kendal Siap Kawal Relokasi Sementara Pedagang Pasar Weleri
Paguyuban pedagang pasar Weleri 1saat audiensi dengan pimpinan DPRD Kendal, Senin (16/11/2020). FOTO: Istimewa.
A A A
KENDAL - Paguyuban pedagang pasar Weleri 1 meminta Pemkab Kendal menyediakan lokasi sementara bagi para pedagang untuk berjualan. Pasalnya, para pedagang tidak diperbolehkan berjualan di bekas lokasi pasar Weleri yang terbakar beberapa hari lalu.

Ketua Paguyuban Pasar Weleri, Warno mengatakan para pedagang menginginkan dapat berjualan untuk menyambung hidup. Namun karena alasan keselamatan, mereka tidak diperbolehkan berjualan di bekas lokasi kebakaran.

Menurutnya, pedagang menginginkan relokasi untuk berjualan sementara tidak terlalu jauh dari pasar lama dan diberikan tempat yang layak. Pedagang sudah mendapatkan pandangan awal, relokasi akan dilakukan pemerintah di dua lokasi yakni Pasar Weleri 2 dan eks Terminal Weleri.

"Karena itulah kami datang ke kantor DPRD sampaikan aspirasi dari teman-teman pedagang. Alhamdulillah, segera direspon oleh ketua dan pimpinan dewan," kataWarno, usai beraudiensi dengan pimpinan DPRD Kendal, Senin (16/11/2020).

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, pihaknya telah memanggil para pihak terkait untuk membahas teknis relokasi pedagang pasar Weleri 1. Selanjutnya, dia menambahkan, DPRD akan segera meninjau ke lokasi untuk melihat langsung kondisi di lapangan.

"Kami sangat prihatin dengan kondisi para pedagang Pasar Weleri. Kami akan kawal agar mereka bisa tetap berjualan, sementara pasar yang terbakar nantinya bisa dibangunkan kembali," terang Makmun.

Terkait pembangunan kembali pasar Weleri, Makmun mengatakan akan diupayakan dari Dana Alokasi Khusus mengingat membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, imbuhnya, karena dalam APBD 2021 sebagian untuk menangani kegiatan yang belum terlaksana di tahun 2020 akibat refosuccing dan realokasi anggaran untuk pandemi.

Usai beraudiensi dengan pimpinan DPRD, perwakilan pedagang kemudian ditemui Ketua Komisi B, Dian Alfat Muchammad, dan Plt Dinas Perdagangan Yanuar Fatoni.

Dian Alfat menjelaskan, dari hasil pertemuan, disepakati Pemkab Kendal melakukan relokasi pedagang seperti yang dilakukan di pasar pagi Kaliwungu. Selanjutnya, dibuatkan tenda-tenda sementara untuk pedagang yang telah dibagi bloknya masing-masing. Pengerjaannya dijadwalkan awal desember sampai akhir Januari.

"Kami berpesan, paguyuban pedagang dilibatkan dalam pengawasan terhadap pengelolaan pasar. Biar tidak ada lagi pihak-pihak yang mengklaim mengatasnamakan pegadang dalam pembagian lapak nantinya," pungkasnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)