Festival Film Bandung Tahun Ini Tak Beri Penghargaan FTV, Ada Apa?

loading...
Festival Film Bandung Tahun Ini Tak Beri Penghargaan FTV, Ada Apa?
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
BANDUNG - Festival Film Bandung (FFB) 2020 berbeda dari biasa. Selain digelar dengan penuh keterbatasan saat pandemi, festival film yang lahir di Bandung sejak 33 tahun silam ini, juga tak memberi penghargaan penuh atas film televisi.

Panitia hanya memberikan empat kategori penghargaan pada serial film televisi. FFB tahun ini hanya memberi penghargaan serial film televisi, terdiri atas serial televisi terpuji, Sutradara serial televisi Terpuji, Pemeran pria serial televisi terpuji, dan pemeran wanita serial televisi terpuji 2010.

Menurut Ketua Umum Forum Film Bandung Eddy D Iskandar, sepanjang periode penilaian, pihaknya mengamati 59 Serial Televisi dan 133 Film Televisi (FTV).

Namun khusus FTV, pihaknya sangat menyayangkan karena dari jumlah tersebut, yang layak diperbincangkan dan didiskusikan lebih jauh untuk menempati nominasi Festival Film Bandung 2020, jumlahnya kurang dari lima.



"Sebagai perbandingan, pada Festival Film Bandung 2019, jumlah FTV yang lolos kurasi awal berjumlah puluhan. Kenapa ini bisa terjadi? Salah satu yang menjadi penilaian Festival Film Bandung adalah kebaruan tema. Dan tahun ini FTV yang kami amati nyaris tidak menawarkan kebaruan apa pun," jelas dia dalam keterangan persnya, Minggu (15/11/2020).

Di segmen FTV drama romantis misalnya, kata dia, ceritanya hanya berkutat antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang bertemu karena suatu kejadian yang tidak mengenakkan. Kemudian mereka saling benci, tapi kemudian akhirnya mereka jatuh cinta.

Formula seperti itu nyaris memenuhi semua FTV drama romantis yang ada di televisi. Belum lagi formula seperti itu tidak ditunjang dengan latar yang menguatkan cerita. Latar yang ada kurang menggambarkan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia.



Selain itu, persoalan lainnya adalah matinya beberapa rumah produksi. Sehingga tidak ada kebaruan dan keberagaman tema. (Baca juga: Festival Film Bandung 2020 Jadi Ajang Film Bumi Manusia Unjuk Gigi)

"Saat ini FTV didominasi oleh beberapa stasiun televisi saja. Beberapa rumah produksi yang biasa memasok FTV sudah tidak terlihat aktif," imbuh dia. (Baca juga: Pandemi Belum Berakhir, Pimpinan Ponpes Buntet Sarankan Reuni 212 Ditunda)

Selain itu, tiga tahun terakhir, stasiun televisi sudah jarang menayangkan atau membuat FTV untuk memperingati hari-hari spesial/hari libur semisal Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru.
Pada momen spesial tersebut, stasiun televisi lebih memilih menayangkan film-film bioskop dibanding membuat FTV baru.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top