Rintik Hujan Tambah Khidmat Upacara Penyerahan Jenazah Djoko Santoso

Minggu, 10 Mei 2020 - 15:09 WIB
loading...
Rintik Hujan Tambah Khidmat Upacara Penyerahan Jenazah Djoko Santoso
Upacara Penyerahan Jenazah Djoko Santoso. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa memimpin upacara penyerahan jenazah almarhum Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso kepada negara. Setelah itu, almarhum akan diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhirny di Sandiego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Dari pantauan di rumah duka, upacara penyerahan jenazah dimulai sekitar pukul 12.31 WIB diiringi guyuran hujan selama prosesi upacara sehingga kian menambah rasa khidmat. Dalam upacara tersebut secara simbolis keluarga almarhum Djoko Santoso menyerahkan mantan Panglima itu kepada negara yang diwakili oleh KSAD.

"Saya Andika Perkasa Kepala Staff Angkatan Darat atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia menerima jenazah Almarhum Jenderal TNI Purnawirawan Djoko Santoso. Selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakaman di TPU Sandiego Hills melalui upacara secara militer," ujar Andika di rumah duka.

Sebelumnya, Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) I/Jakarta, Brigjen TNI Syafruddin mengungkapkan bahwa Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto direncakan bakal menjadi inspektur upacara (Irup) pemakaman mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

"Nanti di sini (rumah duka) Irup-nya KSAD. Nanti di Sandiego Hills juga upacara militer, Irup-nya Panglima TNI," ujar Syafruddin, di rumah duka, Minggu (10/5/2020). ( Baca:Djoko Santoso Wafat, Jenderal Tempur yang Ikhlas dan Pejuang Sejati )

Tidak hanya itu, Syafruddin mengungkapkan, dalam prosesi upacara pemakaman nanti tetap mengikuti protokol kesehatan dalam mengantisipasi COVID-19.

"Jadi biasanya kalo Panglima TNI, protapnya itu pasukannya 1 kompi atau 120 orang. Kalau ini hanya 40 orang. Jadi jarak antara anggota peserta upacara dua meter," ungkapnya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9124 seconds (0.1#10.140)