Dilantik Sebagai Ketua APPSI Sumut, Ini 4 Langkah Utama yang Akan Dilakukan Husni

Minggu, 15 November 2020 - 17:47 WIB
loading...
Dilantik Sebagai Ketua APPSI Sumut, Ini 4 Langkah Utama yang Akan Dilakukan Husni
Muhammad Husni resmi dilantik sebagai Ketua DPW Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Sumut. Foto/ist
A A A
MEDAN - Muhammad Husni resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pelantikan berlangsung di Medan Club, Jalan Kartini Medan, Sabtu (14/11/2020).

Usai dilantik, pria yang akrab disapa Husni dan juga menjabat sebagai Kadis Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan ini menjelaskan ada empat langkah utama yang akan dilakukan. Pertama, melakukan konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APPSI se-Sumut. Husni menjelaskan target untuk tahun 2020 ialah Bagaimana agar semua DPD itu membentuk sebuah tingkatan di Sumatera Utara.

Kedua, menghimpun data base pedagang yang ada di Sumatera Utara. Menurut Husni, dengan data base itu nantinya akan melakukan peningkatan derajat dan martabat para pedagang pasar. (Baca: Bobby Nasution Mantu Presiden Jokowi dapat ‘Amunisi Tambahan’ Hadapi Pilkada Medan)

“Langkah yang ketiga ialah membangun kerja sama yang baik dengan pemerintah. Baik dengan pemerintah provinsi ataupun APPSI daerah di tingkat kabupaten kota. Hal ini bertujuan agar terjadi sinergi dalam membangun persepsi ekonomi untuk pedagang pasar yang satu muara,” jelasnya.

Keempat, meningkatkan derajat para pedagang pasar melalui penguatan secara ekonomi, baik itu simpan pinjam maupun pengembangan pendampingan. Dengan demikian kebutuhan para pedagang dapat dipenuhi dan ekonomi di Sumatera Utara dapat meningkat nantinya.

Untuk tahun 2021 mendatang, Husni optimistis transaksi ekonomi para pedagang pasar kembali normal bahkan meningkat. Menurutnya, hal itu perlu dibangun karena harus selalu berharap dan yakin pandemi COVID-19 ini segera berakhir. (Bisa diklik: 4 Penambang Emas Tradisional di Gunung Mas Kalteng Tewas Tertimbun Longsor)

Terkhusus di masa pandemi COVID-19, Husni tidak lupa mengimbau masyarakat, khususnya pedagang untuk selalu menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah, terkhusus di pasar. Serta selalu mencuci tangan usai melakukan transaksi jual beli.

“Hal lain yang tak boleh lupa ialah melakukan upaya peningkatan daya tahan tubuh dengan minum vitamin. Kemudian tetap happy dan tetap semangat agar pedagang sehat dan daya saingnya juga meningkat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Sumut, Riadil Akhir Lubis mengatakan pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus APPSI Sumut yang baru. Ia sangat berharap APPSI Sumut di bawah kepemimpinan Muhammad Husni dapat membantu pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara, terkhusus di masa pandemi COVID-19.

“Pedagang dan pasar itu tidak dapat kita pisahkan. Di satu sisi kita harapkan cara berdagang yang baik, jujur, dan timbangan jangan dikurangi,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)