Lansia di Barak Pengungsian Glagaharjo Keluhkan Sakit Hipertensi

Minggu, 15 November 2020 - 01:05 WIB
loading...
Lansia di Barak Pengungsian Glagaharjo Keluhkan Sakit Hipertensi
Posko kesehatan barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Foto SINDOnews
A A A
SLEMAN - Warga Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman yang sekarang berada di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, terutama para lanjut usia (lansia) mulai mengeluhkan sakit. Seperti hipertensi, pilek dan pegal-pegal. Namun semua keluhan tersebut bisa ditangani oleh tim medis di posko kesehatan dan tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Kepala Dinas Ksehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan dari data terakhir, dari awal menempati barak, Sabtu (7/11/2020) sore hingga Jumat (13/11/2020) sore, tercatat ada 93 pengungsian, yang memeriksakan kesehatan ke Posko kesehatan atau rata-rata 10 orang per hari. (Baca juga: Puluhan Lansia Turut Ramaikan Peringatan HKN di Sinjai )

Untuk keluhan sakit seperti hipertensi, pilek dan pegal-pegal. “Para pengungsi yang mengeuhkan sakit itu kebanyakan lansia,”kata Joko usai peringatan HKN ke 56 , di komplek candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Sabtu (14/11/2020).

Menurut Joko, untuk penanganan kesehatan pengungsi sendiri hingga sekarang masih dapat terkondisikan. Indikasinya semua keluhan tersebut, semua dapat ditangani oleh tim medis di Posko Kesehatan, sehingga tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

Hal yang sama diungkapkan tim medis Posko kesehatan barang pengungsian Glagaharjo, Khalis. Ia mengatakan untuk memastikan kesehatan para pengungsi ini, posko kesehatan siaga 24 jam dengan petugas bergantian. Selain itu juga melakukan pengecekan kesehatan keliling di barak. Dari pemeriksaan para lansia mengeluhkan sakit hipertensi dan pegal-pegal. (Baca juga: HKN Momentum untuk Produktif dan Aman dari Covid-19 )

Termasuk ada 3 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Namun semua dapat tertangani dan terkontrol. “Untuk penanganan kesehatan para pengungsi ini kami juga dibantu para psikolog,” paparnya melalui live striming saat peringatan HKN ke-56 di komplek Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Sabtu (14/11/2020).
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)