Akar-LHD Komitmen Beri Pelayanan Kesehatan Maksimal ke Warga

Sabtu, 14 November 2020 - 22:12 WIB
loading...
Akar-LHD Komitmen Beri Pelayanan Kesehatan Maksimal ke Warga
Pasangan calon Andi Kaswadi Razak-Luthfi Halide (Akar-LHD) saat memaparkan visi misinya dalam debat publik Pilkada Soppeng, yang disiarkan oelh iNews TV, di Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Sulsel, Sabtu (14/11/2020) malam. Foto: Istimewa,
A A A
WATANSOPPENG - Salah satu topik yang mengemuka dalam debat publik pemaparan visi misi calon bupati dan calon wakil bupati Soppeng , yang disiarkan langsung oleh iNews TV melalui live streaming-nya, Sabtu (14/11/2020) malam, adalah soal pelayanan kesehatan.

Panelis dari bidang kesehatan yang juga salah satu guru besar di Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Ridwan Amiruddin menyebutkan, dari pengamatan visi misi bahwa tenaga kesehatan yang masih terbatas, kemudian sarana dan prasarana, hingga perilaku hidup bersih masih kurang, lalu rendahnya kesadaran masyarakat terutama ibu hamil untuk melahirkan di sarana kesehatan.

Karena itu, dia mempertanyakan bagaimana komitmen paslon dalam hal pemberian pelayanan kesehatan dan memperbaiki situasi tersebut. “Bagaimana agar masyarakat terdeteksi secara dini kalau terjadi gangguan kesehatan,” ungkapnya. (Baca Juga: Pemaparan Visi-Misi yang Kedua Pilkada Soppeng Disiarkan INews TV)

Pasangan Andi Kaswadi Razak-Luthfi Halide (AKAR-LHD) pun kembali mengungkapkan komitmennya dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat jika kelak kembali diberi amanah memimpin daerah itu. “Alhamdulillah di Soppeng, persoalan kesehatan adalah prioritas kami, Rumah Sakit kami memang tipe C tapi fasilitas pelayanan kami tipe B. Persoalan anak dan ibu hamil sudah kami maksimal memberi pelayanan terbaik,” kata Cabup Soppeng, Andi Kaswadi Razak menanggapi pertanyaan panelis.

Bahkan kata dia, apa yang telah diberikan kepada masyarakat soal pelayana kesehatan, sejak memimpin Soppeng, pihaknya telah mendapat penghargaan. Bahkan, RS yang masih berstatus tipe C naik tingkat menjadi tipe B. “Persoalan kesehatan adalah prioritas kami , kalau disebut masih ada kekurangan itu sudah bisa kami benahi,” katanya. (Baca Juga: Akar-LHD Garansi Tingkatkan Pelayanan Dasar di Soppeng)

Kaswadi pun menegaskan, tim penilai tidak mungkin memberikan penilaian paripurna dalam tiga tahun terakhir jika tidak melihat hasil kerja dalam hal pelayanan kesehatan, jika apa yang diterapkan tidak bagus. “Itu semua menandakan kami di Soppeng sangat memerhatikan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Calon bupati incumbent ini juga menyebutkan, memiliki mobil ambulans yang reaksi cepat, gratis dan bisa operasi di atas mobil yang disiapkan di tiap kecamatan. “Itu semua menandakan kami di Soppeng sangat memerhatikan masalah pelanayanan kesehatan,” tegasnya. (Baca Juga: Jusuf Kalla: Appi Penerus Saya di Makassar)

Demi mendeteksi masalah kesehatan masyarakat di tingkat bawah hingga wilayah terpencil, Kaswadi mengemukakan, pihaknya sudah memiliki tim di lapangan dan sudah bekerja maksimal, hingga membuat rumah singgah, untuk mendeteksi dam melihat kondisi masyarakat. Sejak beberapa tahun terakhir, pihaknya telah menempatkan tim kesehatan yang selalu stanby di lapangan, di pusyandu untuk mendeteksi semua, sejak dari pelayanan dasar hingga ke tingkat, mulai persoalan anak dan ibu hamil.

“Artinya, kami sudah maksimalkan, walau pun masih banyak kekurangan, namun yang terpenting SDM dan sarana prasana, kami sudah siapkan utuk memberi jaminan kepada masyarakat sampai jangkauan terpencil pun kami siap melayani. Tim kami di kesehatan sangat luar biasa, kami bangga mempunyai tim medis yang sangat luar biasa ini,” pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)