Pemkot Bandung Tanam 6.000 Bibit Pohon Tembakau, Ada Apa?

loading...
Pemkot Bandung Tanam 6.000 Bibit Pohon Tembakau, Ada Apa?
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama istri saat seremonial Bandung Menanam Jilid II. Foto/Ist.
BANDUNG - Pemkot Bandung, menanam sekitar 21.600 pohon dari berbagai jenis dalam program Bandung Menanam Jilid II. Dari jumlah tersebut, sekitar 6.000 pohon adalah bibit pohon tembakau. (Baca juga: Animo Pendonor Masih Belum Normal, Blitar Krisis Darah Golongan A)

Menurut Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, program penanaman ribuan pohon ini adalah bagian dari rangkaian menyambut peringatan Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap 21 November dan juga peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November.

"Leading sector Dispangtan Kota Bandung bergabung beserta dengan masyarakat melaksanakan hari menanam pohon sedunia. Hari ini kami sudah menanam pohon jilid kedua," kata Oded di Taman Lapangan Puter, dalam keterangan resminya, Kamis (12/11/2020).

Tak hanya menanam 6.000 bibit pohon tembakau, juga ada tanaman lain. Takut 10.000 pohon buah-buahan, tanaman tabulapot seperti jeruk nipis, jeruk purut dan jambu Kristal sebanyak 1.800 pohon, 200 rumput vetiver, serta bibit sayuran sebanyak 1.800 pohon cabe dan 1.800 terong ungu. (Baca juga: Warga Magelang Gempar, Ada Awan Mirip Semar di Atas Merapi)



"Program ini tidak hanya dilaksanakan di Coblong saja tapi di 30 kecamatan. Yang luar biasa kali ini dengan Forkopincam (Kepolisian dan TNI) ikut melaksanakan tanam pohon ini," ujarnya.



Dalam kesempatan yang sama, Oded juga meluncurkan program buruan SAE (Sehat, Alami, dan Ekonomis). Sebuah program ketahanan pangan yang juga terintergasi dengan program pengelolaan sampah Kurangi Pisahkan Manfaatkan sampah (Kang Pisman).



Buruan SAE kali ini juga berbarengan mulai bergulir di 60 titik. Sebelumnya 141 lokasi Buruan SAE sudah lebih dulu beroperasi. (Baca juga: Tolak Politik Uang, Massa Pengunjuk Rasa Ricuh dengan Bawaslu Sultra)

Menurut Kepala Dispangtan Kota Bandung Gingin Ginanjar, jumlah pohon yang ditanam bakal terus bertambah seiring banyaknya sumbangan dari donator. Sehingga area penanamannya juga akan lebih diperluas ke pelbagai lokasi di Kota Bandung.

"Inilah kelebihan di Kota Bandung kolaborasi begitu tinggi. Pada saat akan pelaksanaan masih ada komunitas dan instansi yang mau menyumbang. Sekarang ICMI mau nyumbang 1.000 pohon akan diberikan nanti di akhir bulan November," ungkapnya.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top