KPU Kota Medan: Surat Suara Pilkada Rampung Pekan Depan

Rabu, 11 November 2020 - 01:58 WIB
loading...
KPU Kota Medan: Surat Suara Pilkada Rampung Pekan Depan
Proses cetak surat suara Pilkada Medan, di Percetakan Temprina Media Grafika Bekasi, Jawa Barat. Foto/Ist.
A A A
MEDAN - Dicetak sesuai spesimen dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen cadangan, surat suara untuk Pilkada Kota Medan bakal rampung pekan depan. (Baca juga: Timses Bupati Pelalawan Diduga Kendalikan Jaringan Narkotika Internasional )

Komisioner KPU Kota Medan , Divisi Teknis Penyelenggara, M. Rinaldi Khair menjelaskan, KPU Kota Medan , mulai melaksanakan pencetakan surat suara Pilkada Medan 2020 di Percetakan Temprina Media Grafika Bekasi, Jawa Barat, sejak Sabtu (7/11/2020).

Surat suara yang dicetak sebanyak jumlah pemilih dalam DPT yakni 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan menjadi 1.643.175 lembar. "Ditargetkan surat suara ini selesai dua hari. Selanjutnya surat suara dikirim naik tronton melalui jalan darat menuju Medan. Proses pengiriman dari percetakan sampai ke Gudang Polonia KPU Kota Medan akan berlangsung selama enam hari," jelasnya, Selasa (10/11/2020).

Dia menyampaikan diperkirakan surat suara akan tiba di Gudang Andromeda ex Bandara Polonia Medan , pada Senin (16/11/2020). Setibanya di gudang nantinya, surat suara dibongkar muat, kemudian dilaksanakan pelipatan surat suara. Ia berharap mulai dari proses pencetakan surat suara hingga pendistribusian ke KPU Kota Medan tidak mengalami kendala berarti serta berjalan sesuai harapan. (Baca juga: Relawan Kotak Kosong Dianiaya, Johnson Panjaitan Datangi Polres Raja Ampat )



"Kita berharap surat suara pasca cetak sampai di gudang kita, bisa tepat waktu, baik dalam waktu pengesetan dan pengepakan," ungkapnya. Rinaldi menuturkan sebelum dicetak massal terlebih dahulu bersama Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin melihat dan meneliti surat suara cetak perdana serta mencocokkannya dengan spesimen yang telah disepakati.

Jika ada kekurangan kualitas cetakan maka akan dilaporkan pada pencetak guna diperbaiki. "Sejauh ini belum ada masalah terkait pencetakan surat suara Pilkada Kota Medan ini. Semuanya dicetak sesuai spesimen yang disepakati bersama dan disaksikan Bawaslu Kota Medan ," terangnya.

Dia menyampaikan selama pencetakan surat suara berlangsung KPU Kota Medan mengirimkan stafnya untuk melakukan pengawasan di lokasi pencetakan didampingi personel pengamanan dan Bawaslu Medan. (Baca juga: Bensin Tumpah, Warga Kobar Hajar Tetangga Sendiri Pakai Parang )

Sebelumnya, KPU Kota Medan bersama tim pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, dan paslon nomor urut 2 Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman telah menyepakati desain foto dan nama di spesimen surat suara Pilkada Medan 2020, Sabtu (10/10/2020). Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan proses pencetakan surat suara Pilkada Medan .
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)