Tahun Depan, Pemkot Cimahi Menambah CCTV di Area Publik

Selasa, 10 November 2020 - 17:42 WIB
loading...
Tahun Depan, Pemkot Cimahi Menambah CCTV di Area Publik
Kawasan publik Alun-alun Cimahi yang dipantau CCTV untuk membantu pengawasan petugas sebagai antisipasi adanya tindak kejahatan ataupun kemacetan arus kendaraan. Foto/SINDOnews
A A A
CIMAHI - Pemkot Cimahi hingga kini telah memasang total sebanyak 117 kamera pengawas atau Closed-Circuit Television (CCTV). Kamera pengintai tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan utama, area publik, dan instansi pemerintahan di Kota Cimahi.

Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi, Mochammad Ronny mengatakan, meski sudah lebih dari seratus titik namun pihaknya mengaku masih kekurangan. Ada beberapa wilayah serta perkantoran yang belum ter-cover sehingga tahun depan pihaknya menargetkan ada penambahan CCTV. (Baca juga: Lurah di Cimahi Positif Covid-19, Seluruh Pegawai Jalani Swab Test )

"Sekarang ada 117 CCTV yang terpasang seperti di kelurahan, kecamatan, puskesmas, jalan-jalan strategis, Alun-alun Cimahi, Jalan Cihanjuang, dll. Tapi memang masih kurang," ucapnya, Selasa (10/11/2020).

Pihaknya dalam melakukan pemantauan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Sebab, selain terpantau dalam ruang Smart City, kamera pengawasan tersebut juga bisa dipantau Dinas Perhubungan. Hal tersebut untuk memantau kemacetan atau adanya kecelakaan lalu lintas. (Baca juga: Sembilan ASN di Pemkot Cimahi dan RSUD Cibabat Positif Covid-19 )

Diakuinya, keberadaan CCTV sangat membantu Pemkot Cimahi dalam melakukan pengawasan dan pemantauan. Contohnya ketika terjadi kemacetan di jalan maka akan langsung diketahui untuk kemudian dilakukan penanganan oleh petugas yang diterjunkan ke lokasi."Apalagi kalau ada tindak kriminalitas, itu membantu petugas kepolisian dalam melakukan identifikasi awal," terangnya.

Terkait penambahan CCTV di area publik, pihaknya sedang sudah membahas hal tersebut dengan Dinas Perhubungan. Begitupun dengan jumlah penambahan, masih belum diputuskan karena harus melihat supporting anggaran yang ada. Termasuk juga teknologi yang semakin modern. "Angkanya masih kami bahas tapi kalau soal penerapan teknologi kami ingin ada CCTV yang dilengkapi zoom," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)