Hari Pahlawan, Ridwan Kamil Disuguhi Pesan-Kata Mutiara Pahlawan Nasional

loading...
Hari Pahlawan, Ridwan Kamil Disuguhi Pesan-Kata Mutiara Pahlawan Nasional
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat upacara Hari Pahlawan di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (10/11/2020). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memimpin Upacara Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (10/11/2020).

Upacara Hari Pahlawan yang digelar sederhana dengan peserta yang terbatas serta penerapan protokol kesehatan itu diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh tiga orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jabar.

Dalam suasana yang khidmat, upacara yang dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar itu pun kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang jasa para pahlawan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ridwan Kamil.

Upacara Hari Pahlawan yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube kali ini cukup istimewa karena diwarnai penyampaian pesan-pesan dan kata mutiara dari para pahlawan nasional yang dibacakan di hadapan seluruh tamu undangan. Ridwan Kamil pun tampak seksama mendengarkannya.



Seperti halnya pesan-pesan dan kata mutiara yang disampaikan Jenderal Soedirman. "Tempat saya terbaik adalah di tengah-tengah anak buah, saya akan terus meneruskan perjuangan. Men of Zonder, pemerintah-TNI akan berjuang terus".

Pesan tersebut disampaikan Jenderal Soedirman pada jam-jam terakhir sebelum jatuhnya Yogyakarta dan Jenderal Soedirman dalam keadaan sakit ketika menjawab pertanyaan Presiden yang menasehatinya supaya tetap tinggal di kota untuk dirawat sakitnya.

Selain pesan-pesan dan kata mutiara dari Jenderal Soedirman, dibacakan pula pesan-pesan dan kata mutiara dari pahlawan nasional Nyi Ageng Serang dan Mohamad Yamin, Supriyadi, Pattimura, Bung Tomo, Presiden Republik Indonesia (RI) pertama Soekarno, Mohammad Hatta, RA Kartini, Ki Hajar Dewantara, hingga Cut Nyak Dien.



Sementara itu, dalam amanatnya, Kang Emil membacakan pesan Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P Batubara. Dalam pesan Mensos itu, Kang Emil menuturkan bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan perlu terus dikenang.

Sesuai tema Hari Pahlawan Tahun 2020, yakni "Pahlawanku Sepanjang Masa", lanjut Kang Emil, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. (Baca juga: Biaya Operasional Tinggi, Mobil Ambulans Desa Enggan Angkut Pasien COVID-19)

"Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, termasuk melawan pandemi COVID-19 yang kini melanda dunia," katanya. (Baca juga: Garap 8.000 Proyek Bantuan, Sharing Happiness Catat Peningkatan Donatur hingga 280 Ribu Orang)

Seusai Upacara Hari Pahlawan, Kang Emil beserta seluruh jajaran Forkopimda Jabar dijadwalkan melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top