Emil Dardak Dorong Perguruan Tinggi Galakkan Literasi Digital di Masyarakat

Senin, 09 November 2020 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Kemudahan inilah, lanjut Emil, harus membuat mahasiswa semakin semangat dalam membuat sebuah startup. Ditambah lagi adanya kemudahan dalam membuat perizinan dari 15 menit hingga paling lambat 17 hari.

“Program khusus milenial, silakan datangi kantor pelayanan perizinan terpadu Jawa Timur. Semua akan difasilitasi. Jangan sampai punya pemikiran bahwa buka bisnis itu sulit ijinnya. Jangan ya,” ucap Emil.

Selain itu, Emil juga menuturkan jikalau tidak ingin membuat usaha, mahasiswa dapat memanfaatkan Millennial Job Center (MJC) untuk menjual keahliannya.

Adanya wabah COVID-19 mengubah pasar yang awalnya tradisional menjadi digital sehingga ada kebutuhan baru yang semakin dikembangkan untuk mempermudah proses penjualan digital. Salah satu contohnya adalah foto maupun video produk.

“Ini yang menimbulkan urgensi. Sebab tidak semua UMKM bisa memproses foto produk ataupun video produk. Karena itulah MJC berperan sebagai talent matchmaking yang mencocokan milenial kepada workplace dengan adanya bantuan mentor. Saat ini MJC telah memiliki 2686 talent yang terdaftar, dan target awal tahun depan ada 1000 proyek UMKM yang telah dibantu talent. Kita akan launching website di awal Desember,” paparnya.

Emil berharap, Ubaya dapat memaksimalkan proses inkubasi bisnis yang ada di kampus untuk mahasiswa.

“Kita harus bisa mendampingi mahasiswa agar mencoba untuk berbisnis khususnya bagi mereka yang sudah memiliki bisnis namun belum terekspos agar diberi pengalaman supaya bisa survive. Intinya kita ingin mahasiswa belajar dengan mengembangkan ide bisnis, nggak harus all out. Jika bisnis jatuh atau gagal tidak apa-apa itu proses belajar,” kata Emil.

Rektor Ubaya, Ir. Benny Lianto, menyampaikan kuliah tamu ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta inspirasi pada mahasiswa mengenai bisnis startup. (Baca juga: KRI Bima Suci Lego Jangkar di Pulau Terluar, Perbatasan Vietnam dan Malaysia di Laut Cina Selatan)

Benny berharap, dengan adanya pemaparan materi dari Wagub Jatim dapat menjadi salah satu pembuka perspektif mahasiswa yang nantinya akan berkontribusi terhadap perkembangan inovasi Jawa Timur di masa depan.

Ubaya, saat ini siap jadi kontributor inovasi bisnis startup Jawa Timur. Namun, proses inovasi dalam sebuah bisnis harus dibuat berjenjang supaya memungkinkan untuk memahami ide lebih lanjut. (Baca juga: Aksi Warga Bawa Pulang Paksa Ibu-ibu Habis Melahirkan di RSUD Tongas Probolinggo Viral, Takut Terpapar COVID-19 Jadi Alasan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)