Aksi Warga Bawa Pulang Paksa Ibu-ibu Habis Melahirkan di RSUD Tongas Probolinggo Viral, Takut Terpapar COVID-19 Jadi Alasan

loading...
Aksi Warga Bawa Pulang Paksa Ibu-ibu Habis Melahirkan di RSUD Tongas Probolinggo Viral, Takut Terpapar COVID-19 Jadi Alasan
Aksi warga bawa pulang paksa ibu-ibu habis melahirkan di Probolinggo viral.Foto/iNews/Hana Purwadi
PROBOLINGGO - Video aksi massa menjemput paksa ibu-bu habis melahirkan di RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, viral di media sosial (medsos). Dalam video berdurasi belasan detik itu, terjadi pada Sabtu (7/11/2020).

Dalam video tersebut terekam aksi adu mulut dan saling dorong antara petugas rumah sakit dengan warga, selanjutnya dilerai anggota polisi. (Baca juga: Di Hadapan PD Muhammadiyah Surabaya, Risma Sanjung Eri Cahyadi)

Dalam postingan diFB tersebut, dijelaskan Warga menjemput paksa pulang ibu baru saja melahirkan , karena khawatir berlama lama dirumah sakit ujung ujungnya terkonfirmasi positif COVID-19 . (Baca juga: Kabupaten Muna Mencekam, Dua Kubu Pendukung Paslon Bupati-Wakil Bupati Terlibat Saling Serang)

Data yang berhasil dihimpun, puluhan warga tersebut berasal dari Desa Patalan, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, ingin menjemput warganya yang baru saja melahirkan berinisial MI (28).



Pasien tersebut belum diperbolehkan pulang bukan karena COVID-19, namun prosedurnya pasca melahirkan pasien harus rawat inap terlebih dahulu, dan bila kondisinya membaik pasien bisa rawat jalan.

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh Santoso, membenarkan kejadian tersebut pada Sabtu (7/11/2020) siang. "Sudah tertangani dengan baik, dan tidak ada permasalahan," ujar Teguh, Minggu (8/12/2020).

"Hanya salah paham saja, setelah dilakukan penjelasan serta pemahaman warga akhirnya mengerti. Ibu yang baru saja melahirkan diperbolehkan rawat jalan," tutupnya.
(zil)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top