Tunggu Petunjuk Pusat, Pembukaan Belajar Tatap Muka di Sekolah Bertahap

Senin, 09 November 2020 - 07:17 WIB
loading...
Tunggu Petunjuk Pusat, Pembukaan Belajar Tatap Muka di Sekolah Bertahap
Pembukaan pembelajaran tatap muka di sekolah belum dilakukan di Makassar karena masih menunggu petunjuk dari pusat. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, masih menunggu petunjuk dari pusat untuk pembukaan belajar tatap muka di sekolah. Bahkan rencananya akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini, sejumlah aktivitas di Kota Makassar sudah mulai dilonggarkan seiring berubahnya status pandemi ke zona oranye.



Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengaku masih menunggu intruksi dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bahkan, menurut Rudy, pembukaan sekolah harus dilakukan secara bertahap. Tidak bisa kemudian SD-SMP dibuka lantas SMA ataupun perguruan tinggi belum beraktivitas .

"Kita tunggu petunjuk pusat, tidak mungkin SMP kita buka duluan dibanding SMA dan perguruan tinggi, karena tingkat kerawanan. Semakin anak-anak maka semakin sulit diatur," kata Rudy.

Rudy mengaku tidak ingin buru-buru membuka sekolah tatap muka meski diakui belajar tatap muka jauh lebih efektif ketimbang sistem pembelajaran jarak jauh. Meski begitu, ia tidak mau muncul klaster baru yang justru mengancam kesehatan peserta didik.

"Kita tunggu dulu kampus buka, setelah itu SMA, baru kita buka SMP kemudian SD dan TK. Jangan sekaligus nanti menimbulkan potensi kerawanan," ujarnya.



Ia juga tidak ingin berspekulasi terkait aktivitas belajar tatap buka yang diwacanakan mulai dibuka awal tahun depan. Ia menyampaikan masih menunggu intruksi dari pemerintah pusat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)