Ada Lava Guguran Dari Kawah Merapi, BPPTKG: Ini Fenomena Biasa

Minggu, 08 November 2020 - 21:57 WIB
loading...
Ada Lava Guguran Dari Kawah Merapi, BPPTKG: Ini Fenomena Biasa
Lava guguran meluncur sejauh 3 Km dari puncak Gunungh Merapi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Grafis
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi hari ini menunjukkan perkembangan aktivitas vulkanik yang signifikan. Lava guguran dilaporkan meluncur ke sisi barat dengan jarak 3 km dari puncak. (Baca juga: Tasikmalaya Gempar, Wanita Cantik Bercelana Seksi Tergeletak di Tepi Jalan )

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, guguran lava terjadi pada pukul 12.50 WIB. Namun demikian dia menyatakan, bahwa guguran yang terjadi tadi siang merupakan fenomena yang biasa terjadi di Gunung Merapi . "Guguran tadi tidak disertai dengan kejadian awan panas," terangnya kepada wartawan, Minggu (8/11/2020).



Dijelaskannya, untuk luncuran lava guguran tidak lagi menuju arah Kaki Gendol, atau tenggara. Namun menuju arah Kali Sat di sisi barat Gunung Merapi . (Baca juga: Anggotanya Keroyok TNI, Ketua MPC PP Sumedang Tolak Sebut Identitas )

Ketika disinggung potensi bahayanya, Hanik mengatakan, potensi bahaya saat ini yaitu guguran lava, lontaran material vulkanik dari erupsi eksplosif, serta awan panas sejauh maksimal 5 km dari puncak Merapi . (Baca juga: Tangkap 1 Teroris di Batam, Densus 88 Sita Senpi dan Panah )

Dari catatan BPPTKG sejak pukul 12.00 WIB, telah terjadi gempa guguran sebanyak 11 kali dengan amplitudo 4-55 mm, durasi 12.8-113.1 detik. Kemudian gempa Hembusan sebanyak 26 kali, hybrid/fase banyak sebanyak 87 kali, gempa vulkanik dangkal enam kali.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)