Tersengat Pandemi, Ini Strategi PT Darmi Bersaudara Tingkatkan Performa

Sabtu, 07 November 2020 - 14:40 WIB
loading...
Tersengat Pandemi, Ini Strategi PT Darmi Bersaudara Tingkatkan Performa
Corporate Secretary PT Darmi Bersaudara, Gazali Hasan. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Sempat digoyang kasus hukum dan tersengat pandemi Covid-19 , kinerja PT Darmi Bersaudara Tbk malah melejit. Padahal, wabah yang melanda dunia ini membuat banyak bisnis mengalami kerugian dan bahkan banyak bangkrut.

Perusahaan penjualan kayu log dan produk kayu setengah jadi ini mengalami peningkatan sebesar 180% lebih bila diperhitungkan dari posisi pada Desember 2019. Perusahaan mencatat, sampai dengan akhir September 2020 (posisi Januari-September 2020) sudah berhasil melakukan penjualan sebanyak 373 kontainer. (Baca juga: Waspada, Seperti Ini Dampak Pandemi Terhadap Industri Asuransi Umum )

Corporate Secretary PT Darmi Bersaudara, Gazali Hasan, mengatakan pada 4 November 2020 lalu, pihaknya berhasil mengapalkan 460 kontainer, atau mengalami peningkatan sebesar 180% lebih bila diperhitungkan dari posisi pada Desember 2019. Kata Gazali, kinerja positif ditengah gemuruh kasus hukum dan pandemi itu tidak lepas dari kekompakan antara pemilik perusahaan dan karyawan. Bagaimana kekeluargaan dibangun didalam perusahaan.

Bahkan tidak ada pengurangan gaji ataupun PHK meskipun karyawan sudah tua maupun disabilitas. Mereka diberdayakan pada posisi yang sesuai kemampuan masing-masing. "Kita tunjukkan sama-sama, bahwa manajemen dan direksi tidak menyerah dalam menghadapi situasi sulit seperti ini," kata dia.

Untuk keluar dari tekanan itu, PT Darmi Bersaudara membuat sejumlah lompatan yang tidak terduga. Seperti melakukan lompat katak dalam pengiriman kayu ke luar negeri. Lompat katak itu yakni dengan menerobos pelabuhan-pelabuhan tradisional yang tidak di lock down. "Kita lompat ke pelabuhan rakyat, dari pelabuhan Kalimas Surabaya ke pelabuhan kecil-kecil yang tidak lock down," ujanya. (Baca juga: Terpukul Pandemi Corona, Pemandu Wisata Bertahan dengan Berbagai Cara )

Selain lompat katak, kinerja positif juga disokong dengan adanya perbaikan kondisi ekonomi India sebagai market utama, serta adanya dukungan dan kepercayaan dari Kreditur, Investor dan supplier. "Perseroan berterimakasih dan sampaikan penghargaan yang tinggi terhadap komitmen para Kreditur, Investor dan supplier yang senantiasa mendukung aksi Perseroan sehingga Perseroan mampu bertahan melewati Pandemik covid-19 sampai dengan saat ini," kata dia.

Ia menegaskan, sebagai bagian dari upaya menegakkan prinsip going concern dan sustainability, Perseroan terus melakukan upaya-upaya terobosan untuk tetap bertahan ditengah situasi yang tidak menentu ini, tentu bertujuan untuk dapat mengirim lebih banyak kontainer ekspor. Rencananya ditahun 2021, Perseroan akan meluncurkan aksi korporasi Right Issue untuk memperkuat basis permodalan dengan harapan jaringan produksi dan pemaaran akan bertumbuh lebih besar lagi.

“Karena itu, pada Januari 2021, Perseroan akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) untuk memohon pengesahan shareholder atas aksi korprasi Right Issues agar dapat terlaksana pada tahun buku yang sama,” tandas Gazali.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)