Buaya 3 Meter yang Kerap Mangsa Ternak Ditangkap Warga

Jum'at, 06 November 2020 - 18:40 WIB
loading...
Buaya 3 Meter yang Kerap Mangsa Ternak Ditangkap Warga
Warga Desa Munggu, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali menangkap buaya sepanjang tiga meter, Jumat (6/11/2020). iNews TV/Haryanto
A A A
BANGKA TENGAH - Warga Desa Munggu, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali menangkap buaya sepanjang 3 meter , Jumat (6/11/2020). Buaya ditangkap lantaran kerap memangsa hewan ternak warga setempat.

Sontak buaya yang dibawa ke tengah permukiman itu, menjadi objek tontonan warga. Mereka yang penasaran nekat melihat buaya dari dekat lalu menyentuhnya. "Kalau serangan warga belum pernah, tapi ayam dan anjing sudah beberapa dimakan sama buaya ini," kata warga setempat, Andre.

Menurutnya, ada lebih dari satu buaya yang kerap menampakan diri dekat permukiman warga. Mereka yang khawatir lalu berupaya menangkapnya dengan jerat tali. "Ada tiga ekor buaya, tapi baru satu ini yang berhasil ditangkap. Rencananya dua lagi mau ditangkap juga. Kami menangkapnya tanpa umpan dan hanya menggunakan jerat tali," ujarnya.

Buaya dalam kondisi terikat dengan sebatang kayu penyanggah tubuhnya, lalu diukur untuk mengetahui panjang. Warga juga menimbang buaya untuk mengetahui bobot hewan purba itu. "Panjangnya tiga meter dan berat 100 kilo. Kami sudah menghubungi pihak BKSDA untuk diamankan," katanya. (Baca: Bus Pariwisata Terbakar di Tol Palikanci).

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka, yang tiba di lokasi kemudian mengevakuasi buaya agar tak mati. "Kami mendapat informasi warga ada buaya yang ditangkap. Buaya ini kami selamatkan dan dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi di Air Jangkang, Kabupaten Bangka, untuk di tangkarkan," kata Polhut BKSDA Resort Bangka, Bilton Simanjuntak.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)