PT PP Garap Proyek Pengelolaan Air Limbah di Palembang Bernilai Ratusan Miliar

Jum'at, 06 November 2020 - 17:11 WIB
loading...
PT PP Garap Proyek Pengelolaan Air Limbah di Palembang Bernilai Ratusan Miliar
Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Palembang, Sumatera Selatan mulai dilakukan oleh PT PP. (Foto/Ist)
A A A
PALEMBANG - Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Palembang, Sumatera Selatan mulai dilakukan oleh PT PP.

Penggarapan proyek itu menggandeng kontraktor asal Australia, McConnell Dowell yang terbentuk dalam konsorsium kontraktor pelaksana. Groundbreaking pelaksanaan pembangunan tersebut sudah dilakukan PT PP.

Sarana IPAL akan dibangun di atas lahan seluas sekitar 5,8 hektare yang berlokasi di Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Proyek IPAL ini ditargetkan dapat selesai dan beroperasi pada awal 2022 dengan total kapasitas air lebih dari 20 ribu debit per hari. (BACA JUGA: Bantu Olah Air Bersih, ITS Aplikasikan Proses Reverse-Osmosis Membrane)

"Pembangunan proyek tersebut bertujuan untuk mendukung akses air bersih dan sanitasi rumah tangga di Kota Palembang dan bermanfaat bagi lebih dari 100 ribu jiwa atau setara 5 persen jumlah penduduk Kota Palembang," kata Direktur Operasi 2 PT PP, M Toha Fauzi, dari keterangan tertulisnya Jumat (6/11/2020).

Pembangunan IPAL ini turut dibiayai dari dana hibah Pemerintah Australia sebesar USD45 juta atau senilai Rp574,39 miliar (kurs Rp14.359 per dolar AS). Sementara itu, untuk distribusi utama akan dibiayai oleh APBN serta sambungan rumah akan dibiayai oleh Pemerintah Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan.

"Sesuai dengan yang diamanatkan oleh bapak dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, tidak hanya tepat waktu, kami juga akan berupaya untuk menyelesaikan pembangunan tersebut dengan tepat mutu dan tepat biaya," katanya. (BACA JUGA: PT PP Resmikan Stadion Papua Senilai Rp1,3 Triliun)

Toha menambahkan, IPAL ini solusi dalam menangani sanitasi limbah rumah tangga dan secara bertahap dapat memperbaiki kondisi lingkungan di Kota Palembang. Selain dengan air bersih dan sanitasi aman diharapkan pula dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota Palembang.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)