Debat Perdana, Pengamat Nilai Machfud Arifin-Mujiaman Kurang Menguasai Data

Kamis, 05 November 2020 - 09:17 WIB
loading...
Debat Perdana, Pengamat Nilai Machfud Arifin-Mujiaman Kurang Menguasai Data
Dua pasangan calon Wali Kota Surabaya yakni Eri Cahyadi - Armuji dan  Machfud Arifin-Mujiaman menjalani debat perdana yang digelar di Hotel JW Marriott, Surabaya, Rabu (4/11/2020) malam. Dok/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Dua pasangan calon Wali Kota Surabaya yakni Eri Cahyadi - Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman menjalani debat perdana yang digelar diHotel JW Marriott, Surabaya, Rabu (4/11/2020) malam.

Pengamat Politik asal UPN Veteran Surabaya Catur Suratnoaji menilai pada debat perdana ini pasangan calon nomor 02 Machfud Arifin-Mujiaman kurang siap mengikuti debat. Hal itu terlihat dari data yang mereka sampaikan dalam debat ini. "Saya melihat pasangan Machfud Arifin-Mujiaman tidak begitu menguasai data," kata Catur.

Menurut dia, saat debat, cawawali Mujiaman beberapa kali terlihat berbisik kepada cawali Machfud Arifin. Sikap dan gestur tersebut seperti menunjukkan paslon nomor urut 2 masih kedodoran data.

Dia juga mencontohkan, beberapa kali Machfud memberikan pertanyaan yang tidak berbasis data, tetapi pandangan mata atau dalam bahasanya blusukan. "Secara metodologis, pandangan mata itu tidak bisa dipertanggungjawabkan, bisa menjadi bias. Seharusnya dengan data," kata Catur.

Pertanyaan-pertanyaan tanpa data dari pasangan Machfud Arifin-Mujiaman, lanjut Catur, hanya bersifat membingkai sebuah pekerjaan kubu lawan dengan kegagalan. "Apakah benar yang disebutkan berdasar pandangan mata itu sesuai fakta secara keseluruhan. Itu persoalannya," tutur Catur. (Baca: Puluhan Lapak Pasar Tradisional di Kota Pasuruan Ludes Terbakar).

Dia pun berani memberikan penilaian, bahwa secara keseluruhan debat pertama ini berlangsung aktraktif dengan keunggulan pasangan Eri Cahyadi-Armuji "Kalau misalnya dikasih skor, ya 80 vs 78 lah untuk keunggulan pasangan Eri Cahyadi-Armuji. Keduanya terlihat tenang meski secara terus menerus diserang. Dan mereka terlihat cukup menguasai permasalahan serta solusi untuk Surabaya," pungkas Catur.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)