Gema Salawat Iringi Pemakaman Ki Seno Nugroho, Wayang Werkudara dan Bagong Ikut Dikubur

Rabu, 04 November 2020 - 15:24 WIB
loading...
Gema Salawat Iringi Pemakaman Ki Seno Nugroho, Wayang Werkudara dan Bagong Ikut Dikubur
Almarhum Ki Seno Nugroho dimakamkan di pemakaman umum Semaki Gede Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (4/11/2020). Selama proses pemakaman gema salawat berkumandang. Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Almarhum Ki Seno Nugroho dilepas ke peristirahatan terakhir di pemakaman umum Semaki Gede, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (4/11/2020). Jenazah tiba di pemakaman pada pukul 13.50 WIB. Setibanya di lokasi langsung dibawa ke liang lahat tempat memakamkan dalang kondang tersebut.

Makam itu merupakan makam yang dulu tempat memakamkan ayahnya Suparman. Selama proses pemakaman gema salawat berkumandang hingga proses pemakaman berakhir. "Ya itu dulu makam ayahnya Seno Nugroho," kata Bude Seno Nugroho, Paulina Suratmi di sela-sela prosesi pemakaman Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020). (Baca juga: Ki Seno Nugroho Dimakamkan Satu Liang dengan Ayahnya)
Gema Salawat Iringi Pemakaman Ki Seno Nugroho, Wayang Werkudara dan Bagong Ikut Dikubur

Proses pemakaman dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Hanya keluarga yang boleh berada di lokasi tempat prosesi. Untuk yang tidak berkepentingan hanya bisa menyaksikan prosesi dari luar area prosesi. Para kerabat dan keluarga di tempatkan di bawan tenda warna hijau yang ada di atas makam. (Baca juga: Ini Profil Dalang Ki Seno Nugroho yang Meninggal Dunia di Yogyakarta)

Setelah semuanya siap, jenazah Ki Seno Nugroho mulai diturunkan perlahan-lahan ke liang makam, setelah itu ditutup dengan potongam peti di atas jenazah dan ditimbun dengan tanah. Ikut dimakamkan wayang Werkudara dan Bagog. Selesai ditimbun dan rata dengan tanah, selanjutnya didoakan. Usai pembacaan doa prosesi pemakaman selesai.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)