Ki Seno Nugroho Meninggal, Kadisbud: Dalang Muda Inovatif

Rabu, 04 November 2020 - 09:49 WIB
loading...
Ki Seno Nugroho Meninggal, Kadisbud: Dalang Muda Inovatif
Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantoro.Foto/Priyo Setiawan
A A A
SLEMAN - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman Aji Wulantoro manyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya dalang Ki Seno Nugroho di Rumah Sakit PKU Gamping, Sleman, Selasa (3/10/2020) pukul 22.15 WIB.

“Inna lillahi wa innailaihi rajiun.Turut berduka cita atas meninggalnya dalang kebanggaan kita, dalang muda Ki Seno Nugroho yang telah dipanggil menghdap-Nya.Semoga arwahnya diterima segala dosanya diampuni dan keluarganya diberi kekuatan,” ucap Aji, Rabu (4/11/2020).(Baca juga: Ini Profil Dalang Ki Seno Nugroho yang Meninggal Dunia di Yogyakarta )

Aji mengatakan Ki Seno Nugroho merupakan sosok dalang muda yang inovatif, mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga wayang kulit bisa diterima di semua lapasan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, muda dan tua.

“Ini adalah sosok gambaran kebangkitan wayang kulit, utamanya wayang kulit gragrak Yogyakarta. Karena selama ini memang wong jogjo harus mengakui bahwa dalang gaya Solo mampu memberikan sebuah atraksi yang lebih inovatif,” paparnya.(Baca juga: Terangsang karena Sering Mengintip Pemuda Ini Coba Perkosa Gadis Tetangga )

Tetapi dengan kehadiran Ki Seno Nugroho yang basisnya gagrak Yogyakarta, mampu menunjukkan bahwa grarak Yogyakarta dapat beradaptasi dengan zamannya, sehingga bisa bersaing, bukan hanya di tingkat lokal dan nasional bahkan internasional. Ini yang harus dicontoh bersama.

“Mudah-mudah dalang kita mampu mencotoh jejak beliau agar tumbuh Seno Nugroho yang baru. Sehingga wayang kulit tetap eksis sebagai warisan dunia yang tetap dipertahankan komunitasnya,” harapnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)