Pengamat Nilai Gus Muhdlor - Subandi Unggul di Debat Pilkada Sidoarjo

Rabu, 04 November 2020 - 09:34 WIB
loading...
Pengamat Nilai Gus Muhdlor - Subandi Unggul di Debat Pilkada Sidoarjo
Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo nomor urut 2, Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) Ali dan Subandi dalam debat publik pertama yang dilaksanakan KPU Sidoarjo.
A A A
SIDOARJO - Pengamat politik Surokim Abdussalam menilai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo nomor urut 2, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) dan Subandi, lebih unggul dalam debat publik pertama yang dilaksanakan KPU Sidoarjo, Selasa malam (3/11/2020).

Surokim yang dikenal rutin melakukan riset soal politik di berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) itu mengatakan, Paslon nomor urut 2 unggul dalam debat publik pertama ini karena mampu memaparkan program dengan lebih taktis dan implementatif. (Baca juga: Anggota DPRD Pacitan Pingsan dan Meninggal usai Pidato Bikin Heboh )

“Secara umum, saya menilai para paslon dalam debat pertama ini masih belum bisa lepas dalam menyampaikan program dan pemikirannya, mungkin semua grogi karena ini debat publik perdana. Tapi jika harus menilai tiap-tiap paslon, saya melihat paslon nomor urut dua lebih unggul dalam debat kali ini,” katanya, Rabu (4/11/2020).

Surokim menilai, paslon nomor urut 2 mampu memaparkan programnya lebih jelas dan detail dibanding Paslon lainnya. Program-program yang dipaparkan Paslon nomor 2 ini menurutnya lebih konkret, dibandingkan program-program yang ditawarkan Paslon lain yang tatarannya masih dalam skala makro. Paslon nomor urut 2 juga relatif mampu memaparkan program secara lugas, sebagai indikator menguasai masalah dan solusi warga.

Dari sisi penampilan, duet Gus Muhdlor-Subandi, menurut Surokim, juga lebih ekspresif, responsif dan solutif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panelis maupun dari paslon lain.(Baca juga: Digerus Hujan, Turap Jembatan Penghubung Tuban-Bojonegoro Longsor )

“Mungkin karena Paslon nomor dua ini yang paling muda di antara Paslon lainnya, maka kesannya paslon ini lebih ekspresif dibandingkan paslon lainnya,” tutur dosen Komunikasi Politik Universitas Trunojoyo Madura tersebut.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9315 seconds (0.1#10.140)