Personel TNI dan Polri Ramaikan Bakti Sosial Karang Taruna di Kota Pahlawan

Selasa, 03 November 2020 - 19:30 WIB
loading...
Personel TNI dan Polri Ramaikan Bakti Sosial Karang Taruna di Kota Pahlawan
Donor darah yang digelar karang taruna Gading Watu diikuti lintas komunitas.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Bakti sosial yang diadakan karang taruna (kartar) Gading Watu, Surabaya, diikuti tak hanya masyarakat sipil. Sejumlah personel TNI dan Polri meramaikan kegiatan bakti sosial donor darah tersebut.

Menurut Koordinator Karta Surabaya Stephanus Viki Narendra, anggota kartar mengajak berbagai elemen untuk ikut menyumbangkan darahnya dalam acara yang mengambil tema ‘Bakti pemuda, setetes darah untuk negeri’.

Dari acara ini, setidaknya ada 47 orang yang ikut mendaftar, namun dari jumlah tersebut, warga yang dapat diambil darahnya oleh petugas PMI sebanyak 27 orang.(Baca juga: Komunitas Motor Blitar Kampanye Protokol Kesehatan di Areal Makam Bung Karno )

“Selain mengajak anggota dan pengurus karta sendiri, kami juga mengajak ketua karta lainnya di Surabaya untuk ikut gabung. Ada juga perwakilan dari komunitas motor yang juga terlibat acara positif ini," katanya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/11/2020).

Dia berharap kantong darah yang berhasil disumbangkan untuk PMI Kota Surabaya ini bisa membantu memenuhi kebutuhan darah di Surabaya.

Sekretaris PMI Jawa Timur Edi Purwinanto mengatakan kondisi stok darah PMI Jatim sempat tidak stabil atau naik turun dalam beberapa bulan terakhir ini. Dia mencontohkan stok darah per 26 Agustus 2020 ada di angka 11.206 kantung darah, namun pada 30 Agustus turun menjadi 9.943 kantong darah, kemudian per September 2020 ada di angka 10.739.

“Awal pandemi ada penurunan stok darah sampai 75 persen, kemudian beberapa bulan menjadi 40 persen, dan berangsur-angsur menjadi 30 persen dan mulai stabil. Alhamdulillah sementara ini stok darah masih aman karena kebutuhan belum banyak,” katanya awal pekan lalu.(Baca juga: Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor Muri )

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)