Satu Orang Positif Corona, 11 Warga di Wonosari Isolasi Mandiri

Rabu, 15 April 2020 - 22:58 WIB
loading...
Satu Orang Positif Corona, 11 Warga di Wonosari Isolasi Mandiri
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Gunungkidul Immawan Wahyudi. FOTO/TWITTER/IREYOGYA
A A A
GUNUNGKIDUL - Satu warga di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dinyatakan positif Covid-19. Seorang perempuan berusia 74 tahun tersebut harus menjalani isolasi di RSUD Wonosari.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Gunungkidul melakukan tracing kepada warga sekitar yang melakukan kontak langsung. Perempuan yang suaminya baru meninggal dunia pada 4 April lalu ini diketahui melakukan kontak dengan 11 warga dalam satu pekarangan. Suaminya meninggal dunia dalam ketegori PDP tapi belum sempat uji swab.

"Sudah dilakukan tracing dan langsung dilakukan isolasi mandiri terhadap 11 warga di kampungnya," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Gunungkidul Immawan Wahyudi kepada SINDOnews, Rabu (15/4/2020).

Dijelaskan, pihaknya juga melakukan rapid test kepada semua warga tersebut. Hasil rapid test pertama semua dinyatakan negatif. Namun mereka harus menjalani rapid test kedua yang akan dilakukan pada 24 April mendatang. "Mudah-mudahan hasilnya negatif semua," ujarnya.

Immawan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang rela bahu-membahu dan bergotong-royong untuk membantu warga yang melakukan isolasi mandiri. Kondisi inilah yang saat ini diperlukan sehingga warga memiliki semangat bersama.

"Memberi dukungan moral dan bantuan makanan kepada warga dari lingkungan sekitar harus dicontoh. Ini sangat membantu psikologis warga yang melakukan isolasi mandiri," katanya.

Dia berharap langkah warga di Kecamatan Wonosari bisa menjadi triger di tempat lain. Jangan sampai, kata Immawan, ada upaya mengucilkan warga yang melakukan isolasi mandiri.

"Kami berharap semua warga ikut bersama memutus mata rantai persebaran Covid-19 dengan pola hidup bersih dan sehat. Sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan ikuti anjuran physical distancing, dan tetap di rumah saja," kata Immawan yang juga Wakil Bupati Gunungkidul ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)