Pertama di Bandung, Yayasan Darul Hikam Resmikan Masjid untuk Salat Jumat Perempuan

Minggu, 01 November 2020 - 10:18 WIB
loading...
Pertama di Bandung, Yayasan Darul Hikam Resmikan Masjid untuk Salat Jumat Perempuan
Yayasan Darul Hikam International School mulai mengoperasikan Masjid Ibrahim di Lembang untuk jamaah salat Jumat perempuan.
A A A
BANDUNG - Yayasan Darul Hikam International School mulai mengoperasikan Masjid Ibrahim di Lembang, Bandung Barat . Masjid ini diyakini yang pertama di Bandung atau Jawa Barat yang memberi ruang bagi jemaah perempuan melaksanakan salat Jumat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Darul Hikam International School Sodik Mudjahid mengatakan, adanya ruang untuk perempuan salat Jumat juga sangat diperlukan. Sehingga pihaknya memfasilitasi masjid ini, agar mereka yang akan menunaikan salat Jumat bisa leluasa dalam beribadah.

"Ibu-ibu belajar Islam, maka dia belajar banyak kehidupan. Itu lah sebabnya kita akomodasi ibu-ibu yang ingin belajar tapi tak ada waktu. Saat khotbah Jumat mereka bisa mempelajari agama," kata dia. (Baca juga: Volume Kendaraan di Tol Cipali Mulai Mengalami Penurunan )

Termasuk soal hukum perempuan salat Jumat. Selama ini banyak yang salah paham, di mana laki-laki memang wajib shalat dhuhur dan wajib shalat jumat. Sementara, perempuan wajib shalat Dhuhur dan sunah untuk menjalankan shalat Jumat.

"Dhuhur bagi perempuan wajib, sementara shalat Jumat hukumnya sunah bagi perempuan, atau memang tak wajib. Tapi, kalau sudah shalat Jumat tak perlu shalat dhuhur lagi. Ini, bagian dari perluasan ilmu agama ke ibu-ibu untuk lebih mempelajari agama," paparnya.(Baca juga: Protokol Kesehatan Diperketat, Kunjungan Wisatawan Masih Minim )

Lebih lanjut dia menjelaskan, Masjid Ibrahim memiliki daya tampung 300 orang. Sekitar 200 orang untuk laki-laki dan 100 untuk perempuan. Kedepan, pihaknya berencana menambah luas masjid, sehingga bisa menampung jemaah lebih banyak lagi.

Dia berharap, perempuan yang sudah menjalankan salat Jumat, bisa sekalian ikut taklim atau pengajian. Untuk menerepakan protokol kesehatan Covid-19, kata dia, semua jamaah wajib untuk menggunakan masker dan membawa alat sholat masing-masing.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4276 seconds (0.1#10.140)