Mengintip Ragam Wisata Banten di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 10:15 WIB
loading...
Mengintip Ragam Wisata Banten di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Masjid Agung Banten tampak kian megah dengan wajah baru. Kawasan Banten Lama merupakan salah satu tujuan wisata religius yang cukup ramai dikunjungi oleh para peziarah. Foto/dok
A A A
ERA adaptasi kebiasaan baru (AKB) memberikan angin segar bagi dunia pariwisata di Indonesia. Pemberlakuan protokol kesehatan pada berbagai pelayanan menjadi peluang bagi pelaku pariwisata.



Provinsi Banten merupakan daerah yang merespons positif pemberlakuan era AKB ini dengan menawarkan berbagai destinasi wisatanya. Sebagai daerah yang berbatasan dengan Ibu Kota DKI Jakarta dan Jawa Barat, Banten berupaya menggaet wisatawan lokal, terutama warga Jabodetabek.

Mengintip Ragam Wisata Banten di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru


Alasan tersebut sangat logis mengingat akses berbagai destinasi wisata di Banten mudah dijangkau melalui moda transportasi darat. Dalam keterangan tertulisnya Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten telah melakukan pembenahan serta sosialisasi penerapan AKB yang telah ditetapkan Tim Gugus Tugas Pusat dan Daerah. (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)

Kepala Dispar Provinsi Banten Agus Setiawan mengaku pihaknya langsung menerapkan protokol kesehatan dengan mengacu pada cleanliness, healthy-hygiene, safety, environment (CHSE) sebagai syarat untuk beraktivitas di tengah penyebaran Covid-19.

“Pemberlakuan panduan protokol kesehatan, sejalan dengan konsep Sapta Pesona yang selama ini menjadi standar pelayanan pada sektor pariwisata. Ini secara bertahap membentuk kesadaran baru yang berpengaruh pada permintaan pelayanan produk-produk pariwisata yang memiliki standar CHSE sebagai prioritas,” ungkapnya.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota serta pemangku kepentingan pariwisata terus berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata di ujung barat Pulau Jawa ini.

Apalagi beberapa waktu lalu kunjungan wisatawan dari Jabodetabek membanjiri sejumlah destinasi, baik outdoor maupun indoor. “Jelang libur panjang, Banten memiliki tujuan wisata yang cukup beragam, mulai dari wisata alam, religi, budaya, kuliner hingga belanja. Setiap destinasi juga menerapkan protokol kesehatan,” ujar Agus Setiawan. (Baca juga: Kemenag Minta Guru Fokus pada Pendidikan Karakter Siswa)

Agus mengatakan, selain Pantai Anyer dan Pantai Carita yang biasa menjadi favorit wisatawan saat liburan, Banten juga memiliki banyak pantai yang indah dan wajib disambangi para wisatawan. Di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, terdapat Pantai Sawarna yang tak kalah memesona.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)