iNews Tayangkan Debat Terbuka Cagub dan Cawagub Sulawesi Tengah

loading...
iNews Tayangkan Debat Terbuka Cagub dan Cawagub Sulawesi Tengah
Ilustrasi/SINDOnews
PALU - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1, Dr M Hidayat Lamakarate, MSi, dan Dr Ir Bartholomeus Tandigala SH akan melawan mantan Wali Kota Palu dua periode tahun 2005-2010 dan 2010-2015, H Rusdi Mastura dan Drs Ma’mun Amir dalam debat terbuka Pilkada 2020. (Baca juga: Mantan Anggota Polri Tusuk Ustaz di Aceh saat Ceramah)

Debat terbuka Pilkada ini, akan ditayangkan langsung iNews pada Sabtu 31 Oktober 2020 pukul 19.00 – 21.00 WIB (20.00 – 22.00 WITA). Tema Debat Publik pada tahap pertama ini, yakni Memajukan daerah dan Menyelesaikan Persoalan Daerah Serta Kebijakan Penanganan Covid-19. Tema ini nanti diharapkan dapat dielaborasi oleh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, terkait dengan persoalan dan isu isu strategis atas persoalan yang dialami oleh Sulawesi Tengah. (Baca juga: Jual 2 Gadis Belia untuk Pemuas Seks, 4 Remaja Samarinda Dibekuk Polisi)

KPU Provinsi membatasi orang yang hadir dalam Debat Publik. Peserta yang hadir hanyalah Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, 4 (empat) orang Tim Kampanye masing Masing Pasangan Calon, 2 (dua ) orang Bawaslu dan 5 (lima) orang komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah serta Panitia dan Tim Penyusun materi Debat.

Dalam debat ini, paslon diharapkan mampu menampilkan dan menyampaikan profil, visi dan misi serta program kerja yang jelas agar calon pemilih bisa mengenali calon pemimpinnya dengan baik.



Moderator yang akan memandu debat terbuka adalah Anisha Dasuki, presenter iNews. Anisha pernah menjadi moderator sejumlah debat pemilihan kepala daerah, di tahun 2019 terpilih sebagai moderator debat Capres.

Sebanyak tujuh pakar mendapat kepercayaan menjadi Panelis, membuat pertanyaan dalam debat nanti.

Mereka adalah Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag (Ketua MUI Kota Palu, Ketua Umum FKUB Sulawesi Tengah), Prof. Dr. Ir. Amar Akbar Ali, S.T, M.T (Guru Besar Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Arsitektur Fakultas teknik , Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi tengah). Dr. Surahman, SH, MH (Dosen dan Ketua Bagian Hukum Administrasi Negara, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah). Dr. Eko Jokolelono (Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah). Dr. Ir. Rostiati Daeng Rahmatu (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah). Dr. Ir. H. Akhbar Zain (Dosen Geodesi Kartografi, Program Studi Ilmu Kehutanan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah), dan Dr. H. Slamet Riadi Cante, SH (Dosen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Palu, Sulteng).



Debat dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama, kedua paslon akan menyampaikan visi dan misi masing-masing bila terpilih memimpin Sulawesi Tengah. Segmen kedua masuk dalam sesi penajaman materi. Paslon akan menjawab pertanyaan yang disiapkan tim pakar. Sesuai hasil pengundian yang diikuti timses kedua paslon pada Selasa (27/10), paslon nomor urut kedua mendapat kesempatan pertama memilih amplop berisi pertanyaan.

Pada segmen ketiga, paslon akan memberikan jawaban setelah melihat persoalan yang tergambar pada poto yang diperlihatkan. Pada segmen keempat, para calon gubernur diberi kesempatan untuk saling melempar pertanyaan. Pada segmen kelima, giliran calon Wakil Gubernur mendapat kesempatan saling melemparkan pertanyaan.

Di segmen enam, masing-masing paslon diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan penutup. Debat terbuka diramaikan juga oleh kehadiran Mahalini. Bintang jebolan Indonesian Idol ini akan melantunkan beberapa lagu.
(zil)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top