Bidik Pelaku UMKM, Produsen Gerobak Listrik Ini Buka 10 Jaringan Penjualan

Jum'at, 30 Oktober 2020 - 06:10 WIB
loading...
Bidik Pelaku UMKM, Produsen Gerobak Listrik Ini Buka 10 Jaringan Penjualan
PT SPI menggelar SAEXPO 2020 yang berlokasi di Plaza Ambarukmo, Yogyakarta pada 27 Oktober-1 November 2020 guna mempromosikan Gelis.
A A A
SURABAYA - PT Solar Panel Indonesia (SPI), yang memproduksi Gerobak Listrik dengan nama Gelis telah membuka 10 dealer untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Baik di pemasaran maupun di layanan purna jual.

Ke-10 dealer itu terdiri dari tiga dealer di Jakarta. Sedangkan masing masing satu dealer di Bogor, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Bali.

"Kami juga menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektivitas penggunaan Gelis. Salah satu yang utama adalah jaringan pemasaran dan layanan purnajual," kata Chief Sales and Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono, Kamis (29/10/2020).

(Baca juga: Perhatikan Ini Rek! Supaya Tak Balik Kucing saat Berkunjung ke KBS )

Pada tahap awal, PT SPI mampu memproduksi 10 unit per hari di pabrik di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Kapasitas produksi ini terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar. Beberapa komponen pembuatan Gelis juga telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi, dan roda, masih diimpor. Meski begitu, tidak menutup kemunginan bahwa PT SPI terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan.

(Baca juga: Viral Jenazah Dibungkus Jarik dan Dibonceng Sepeda Motor di Boyolali )

Ary menambahkan, Gelis hadir untuk mendukung pengembangan usaha para pelaku UMKM. Yakni dengan meluncurkan kendaraan roda tiga bermotor listrik yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau."Biaya operasional juga sangat ekonomis. Dan itu sangat sesuai dengan yang dibutuhkan pelaku UMKM," imbuhnya.

Untuk diketahui, Gelis meluncurkan model pertama, yaitu Gelis 300. Berbekal motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH. Gelis 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 kilometer (km)/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 km.

Gelis 300 didukung rangka ringan dengan berat kotor mencapai 600 kilogram (kg) mampu mengangkat beban hingga 300 kg. Hal ini dapat dilakukan berkat penggunaan per belakang model daun (per pikul) dan suspensi depan telescopic. Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat.

Gelis 300 tersedia di pasaran dalam empat varian. Yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis Cargo dengan harga berkisar Rp20 juta. Lalu Gelis Garbage yang dibanderol pada kisaran Rp22 juta.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3621 seconds (0.1#10.140)