Perhatikan Ini Rek! Supaya Tak Balik Kucing saat Berkunjung ke KBS

Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:46 WIB
loading...
Perhatikan Ini Rek! Supaya Tak Balik Kucing saat Berkunjung ke KBS
Petugas mengarahkan calon pengunjung untuk mengukur tinggi badan anak sebelum masuk ke wisata Kebun Bintang Surabaya (KBS), di Surabaya, Kamis (29/10/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Libur panjang telah tiba. Antusias masyarakat untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata pun terlihat cukup tinggi.

Namun di masa new normal ini, calon wisatawan harus mempelajari tata cara dan aturan sebelum berangkat menuju lokasi wisata.

Jika tidak, maka jangan kecewa jika harus balik kucing karena tidak bisa masuk ke tempat wisata yang didambakan.

Seperti di Kebun Bintang Surabaya (KBS) misalnya. Sejak dibuka kembali pada 27 Juli 2020 lalu, Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat untuk pengunjung selama buka dimasa pandemi COVID-19. (BACA JUGA: Warga Praperadilkan Polrestabes Surabaya soal SP3 Kasus Pertukaran Satwa KBS)

Jika tak mematuhi aturan sesuai yang ditetapkan, maka calon pengunjung harus balik kanan. Humas KBS, Agus Supakat, mengatakan sebelum masuk KBS calon pengunjung harus melakukan pembelian tiket lewat online dan suhu tubuh maksimal 37,5 derajat celsius.

"Kunjungi www.surabayazoo.co.id, kemudian klik navigation, pilih menu tiket," katanya.

Namun ada aturan yang selama ini belum dipahami betual oleh calon pengunjung KBS. Yakni tidak diperbolehkannya anak usia dibawah 5 tahun masuk didalam KBS.

Hal inilah yang mengakibatkan banyak calon pengunjung harus kembali pulang. Karena tepat didepan pintu masuk, anak-anak harus melewati tiang meteran terlebih dahulu.

Selain balita, kata Agus, ibu hamil dan bagi yang sudah berusia 60 tahun keatas juga belum diperbolehkan berkunjung ke KBS.

"Karena kami kesulitan untuk mendata tanggal lahir, maka kami konversikan dengan memakai tinggi badan minimal 85 cm," tuturnya. (BACA JUGA: Langka, Kebun Binatang Bandung Perkenalkan Dua Kura-kura Ceper)

Agus menambahkan, selama menikmati wahana didalam KBS para pengunjung juga harus mentaati setiap protol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Di antaranya tetap mengenakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun. Fasilitas tersebut sudah disediakan dibanyak tempat didalam KBS.

Sedangkan untuk kapasitas, KBS membatasi setiap kunjungan sesuai jadwal. Pada hari Senin-Kamis maksimal 1.500 pengunjung. Kemjudian hari Jumat dibatasi hanya 500 orang dan saat akhir pekan total kapasitas pengunjung hanya 3.000 orang.

Sebagai catatan, tempat wisata edukasi terfavorit di kota palawan ini memiliki ratusan ragam satwa yang dilindungi. Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS mencatat, hingga saat ini KBS memiliki populasi sebanyak 2.236 satwa dengan 211 ragam spesies.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)